Mulai September 2017, Pelajar di Karimun Gratis Naik Bus Sekolah
Oleh : Wandy
Rabu | 06-09-2017 | 11:41 WIB
bus-sekolah.gif
Bus sekolah milik Pemkab Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Semua pelajar di Karimun, mulai 1 September 2017 gratis naik bus sekolah. Ini merupakan kesepakatan Dinas Perhubungan bersama DPRD dan instansi di Kabupaten Karimun.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Fajar Horison mengatakan pihaknya dan instansi terkait telah sepakat, untuk menggratiskan biaya retribusi untuk para pelajar yang naik kendaraan bus sekolah pengadaan Pemkab Karimun tersebut.

"Sebelumnya kita sudah rapat dengan beberapa instansi terkait seperti anggota DPRD dan kami sepakat untuk menggratiskan biaya retribusi untuk anak sekolah yang menaiki bus sekolah milik pemerintah tersebut," ungkap Fajar, Rabu (6/9/2017)

Ia juga menambahkan hal itu hanya untuk anak sekolah tidak untuk pengguna umum, Jika ada yang mau menyewa untuk kepentingan lain, maka mereka akan tetap dikenakan biaya penyewaan.

"Digratiskan khusus untuk pelajar," ujarnya.

Biaya penggratisan naik bus sekolah tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat para pelajar menggunakan bus sekolah, selain itu juga bertujuan untuk mengurangi sedikit beban bagi para orang tua, seperti yang diketahui saat ini telah terjadinya kelemahan perekonomian yang sedang dihadapi oleh Provinsi Kepulauan Riau.

"Ini mengurangi beban masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya," katanya.

Fajar juga mengaku sudah mengajukan pengadaan bus untuk dibeberapa Kecamatan yang terletak di Pulau-pulau Kabupaten Karimun, seperti Moro, Buru, Durai, Belat dan Ungar, yang nantinya dialokasikan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Jumlah yang diajukan sebanyak 10 unit dan setiap Kecamatan akan diberikan 2 unit.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI