Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggaran Dinsoskam Batam Tiba-tiba Naik Rp10 M dari KUA-PPAS 2018, DPRD Kaget
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 06-09-2017 | 11:14 WIB
RDP-00.gif Honda-Batam

PKP Developer

Komisi IV DPRD Batam saat melakukan RDP bersama Dinsoskam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi IV DPRD Batam kaget saat mengetahui ada peningkatan anggaran pada Dinas Sosial dan Pemakaman (Dinsoskam) sebesar Rp10 miliar dari Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2018.

Hal ini terungkap saat Komisi IV menggelar rapat dengar pendapat (RDP) pembahasan anggaran pada Selasa (5/9/2017), setelah KUA-PPAS disetujui untuk dilanjutkan pembahasan. Ditemukan adanya penambahan anggaran Rp10 miliar dari pagu yang telah disetujui dalam KUA-PPAS sebesar Rp16 miliar.

Mengetahui adanya penggelembungan anggaran itu, seluruh anggota Komisi IV yang ikut RDP melakukan penolakan. Hal itu dinilai sangat tidak wajar dan patut dipertanyakan.

"Terus terang saja, kami pertanyakan ini. Kenapa tiba-tiba saja ada penambahan Rp10 miliar. Kenapa penambahan ini tidak pada KUA-PPAS saja," kata sekretaris Komisi IV DPRD Batam, Udin P Sihaloho mempertanyakan penambahan anggaran tersebut.

Seharusnya, pertemuan RDP ini kegiatan terakhir, sebelum penandatanganan nota kesepakatan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2018. Seharusnya RDP ini membahas finalisasi anggaran.

"Kenapa ini anggaran bertambah dengan cepat, jumlahnya juga sangat besar. Ada apa?," tanya Udin.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Kepala Dinsoskam Batam, Hasyimah mengaku penambahan itu terjadi setelah pihaknya kembali membahas program-program yang telah dimasukkan ke dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) APBD 2018.

"Setelah dibahas lagi, masih ada yang tertinggal. Salah satunya anggaran makan bagi anak di panti asuhan. Karena tidak bisa panti mendapatkan Bansos berturut-turut," katanya.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Batam sekaligus pimpinan rapat, Djoko Mulyono mengatakan, akan kembali menggelar RDP untuk membahas permasalahan di Dinsoskam Batam.

"Sekalian kami minta bawa dan lengkapi data-data yang telah disampaikan," pinta Djoko, sekaligus menutup RDP.

Editor: Gokli