Ini 10 Fitur Canggih Mobil Keluaran Tahun 2018
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-09-2017 | 10:54 WIB
mobil-001.gif
Ilustrasi, (youtube)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bagi Anda yang memutuskan membeli mobil baru tahun depan, Anda akan menemukan fitur mobil yang belum pernah dilihat karena teknologi itu sebelumnya hanya tersedia dalam unit terbatas saat terakhir kali Anda mengunjungi diler untuk membeli mobil.

Sejumlah teknologi terbaru itu antara lain sistem keamanan canggih yang bisa membuat kendaraan bergerak otomatis untuk menghindari kecelakaan hingga fitur konektivitas terbaru yang terintegrasi dengan ponsel untuk kebutuhan hiburan saat mengemudi.

Kendati fitur itu hanya tersedia di mobil-mobil mewah, namun sejumlah produsen berupaya menyematkan teknologi itu pada mobil keluarga kelas menengah di Amerika Serikat. Berikut beberapa di antaranya sebagaimana dilansir dari Forbes:

1. Semi-otonom

Mulai 2018, Cadillac akan memasarkan sedan CT6 yang dilengkapi teknologi semi-otonom menggunakan sistem Super Cruise.

Sedan ini menerapkan driver-assistance systems yang mencakup cruise control yang adaptif, sistem pemantauan jalur mengemudi dan blind spot serta pengereman otomatis yang meningkatkankan fungsi kemudi otomatis dan pemindaian dari teknologi LiDAR.

Meskipun penggunaannya masih terbatas di jalan raya tertentu, teknologi Super Cruise membuat mobil terus menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya dan memastikan laju mobil tidak melenceng dari jalur dengan kecepatan yang diatur oleh pengemudi.

2. Mengambilalih kemudi

Mengambil langkah maju menuju mobil otonom sepenuhnya mulai 2018, sedan Lexus LS yang didesain ulang dan SUV crossover Volvo XC60 mampu mengambilalih kemudi dari pengendara jika terjadi situasi bahaya untuk menghindari tabrakan.

LS menawarkan fitur "Deteksi Pedestrian Intuitif" terbaru dengan sistem Active Steering yang akan mengerem dan menghindari pejalan kaki yang berada di jalur, atau berhenti tanpa berpindah jalur jika peristiwa itu terjadi saat lalulintas ramai.

Adapun XC60 menggabungkan teknologi auto-steering dalam sistem kecepatan rendah untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan lain, pejalan kaki, dan atau hewan yang melintasi jalanan.

3. Kursi pijat

Mercedes-Benz S-Class menawarkan fitur mewah berupa kontrol iklim mobil dengan kursi yang bisa dihangatkan dan didinginkan. Kursi penumpang juga bisa digunakan untuk memijat, mengatur pencahayaan dan pemrograman sistem audio guna memberikan kenyamanan kepada penumpang.

Berada 10 menit di dalam mobil mewah ini diklaim dapat meningkatkan kesegaran, kebugaran, kenyamanan, dan kesenangan penumpang.

Lampu pada S-Class bisa berubah sesuai dengan suhu kabin mobil sehingga mampu menyambut pengemudi dan penumpang dengan suasana khusus yang bisa diatur dalam lima intensitas untuk empat zona yang terpisah di dalam satu kabin mobil.

4. Audio berkualitas tinggi

Hyundai Elantra GT dan Kia Stinger model 2018 menggoda para pecinta audio dengan menawarkan fitur Clari-Fi dari Harmon yang mampu memperbaiki file audio digital yang telah tereduksi menjadi utuh, sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih, tajam, luas, dan dinamis.

Teknologi itu diklaim membawa kenikmatan mendengarkan musik seperti dari rekaman analog berupa piringan hitam ke dalam mobil keluarga.

5. Televisi

Meskipun banyak kendaraan menyediakan Wi-Fi hotspot built-in yang menghubungkan perangkat portabel dengan internet, namun Lincoln Navigator 2018 menyediakan sistem hiburan yang mengakomodasi perangkat media streaming Slingbox sehingga penumpang bisa mengakses saluran televisi secara streaming saat berada di perjalanan.

6. Menemukan tempat parkir

Memarkir kendaraan di lingkungan yang ramai dan sempit merupakan hal yang menyulitkan bagi para memilik mobil. Untuk itu beberapa produsen kendaraan berupaya menciptakan teknologi pencarian parkir yang memudahkan pemilik kendaraan.

BMW model 2018 akan menggabungkan teknologi Parkmobile dari dari perusahaan aplikasi yang telah digunakan di 250 kota di AS dan Kanada melalui sistem infotainment iDrive.

Teknologi itu mampu menemukan lokasi parkir yang masih tersedia, baik disekitar jalanan, permukiman, bandara dan di gedung-gedung. Pengguna akan diberi pilihan lokasi parkir berdasarkan koordinat navigasi GPS sekaligus menentukan waktu parkir melalui aplikasi pendamping ParkNow.

7. Video tutorial

Genesis sebagai divisi mobil mewah Hyundai memberikannya pengalaman digital untuk model 2018. Pemilik kendaraan bisa mengunduh gratis perangkat berbasis iPhone atau Android untuk Genesis Virtual Guide, sebuah video tutorial perawatan kendaraan.

Pemilik kendaraan pun hanya perlu mengarahkan ponsel atau tablet ke lokasi tertentu pada mobil, misalnya mesin, kemudian aplikasi pada ponsel akan menampilkan cara merawat kendaraan melalui video tutorial.

8. Bluetooth instan

Honda berupaya membuat proses pairing Bluetooth semakin mudah dengan teknologi Near Field Communication (NFC) yag diaplikasikan pada sedan Accord.

Meskipun penggunaannya hingga saat ini terbatas pada ponsel Android, namun pengemudi hanya cukup menekan logo "N" di dasbor dan sebagian besar ponsel yang menggunakan chip NFC akan terhubung dengan mobil melalui Bluetooth.

9. Mengawasi anak-anak

Minivan Honda Odyssey menawarkan fitur baru yaitu CabinWatch yang memungkinkan orang tua mengawasi kegiatan anak-anak di kabin penumpang melalui layar video kamera yang disematkan pada dashboard. Lewat fitur ini, orang tua bisa melihat bayi mereka yang didudukkan di kursi belakang.

Ada juga fitur CabinTalk yang memudahkan orangtua berkomunikasi dua arah dengan anak-anak di kursi belakang tanpa harus menengok ke belakang dan berteriak.

10. Senyap

Salah satu sensasi dalam mengendarai mobil berperforma tinggi adalah mendengarkan kerasnya raungan mesin dari knalpot. Namun hal itu tentunya mengganggu ketenangan bagi orang-orang di sekitar kendaraan.

Untuk itu, Ford Mustang model 2018 menawarkan fitur "Quiet Mode" yang mampu meredam suara raungan mesin agar lebih lembut. Pengemudi juga bisa memilih opsi berkendara yang lebih agresif melalui modesport dan track.

Sumber: ANTARA
Editor: Gokli


BNN-KEPRI