Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

3 Tips Ampuh Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 01-09-2017 | 13:50 WIB
sate-kambing1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Sate kambing.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Hal yang paling mengganggu dari mengolah sajian berbahan daging kambing adalah aromanya yang khas. Aroma kambing yang tak sedap dan sering disebut prengus ini seringkali penyebab utama daging kambing tak banyak disukai orang.

Padahal sebenarnya bila kita paham cara pengolahannya benar, bau tersebut bisa tertutupi bahkan hilang sama sekali.

Simak tipsnya berikut.

1. Jangan Pernah Mencuci Daging Kambing

Faktanya, mencuci daging kambing malah akan membuat bau prengusnya makin kuat. Itu karena air cucian akan mengeluarkan sari beserta bau prengus yang ada dalam daging.

Jadinya, selain makin berbau, daging kambing juga akan jadi kering karena sarinya telah terbuang bersama air. Tenang saja, daging kambing masih akan kita matangkan sehingga kumannya pun akan mati karena panas tinggi. Jadi, tidak perlu takut kotor karena tidak mencuci daging kambing, ya.

2. Ketika Kambing Dibuat Sup

Kalau mau mengolah kambing jadi sup, pastikan untuk merebusnya dua kali. Pertama, rebus kambing dalam air mendidih bersama aneka rempah seperti daun pandan, salam, daun jeruk, serai, sampai lengkuas untuk menutupi aroma prengusnya.

Setelah buih keabu-abuan terlihat di permukaan air rebusan, segera matikan api, tiriskan daging kambing dan buang air rebusannya. Bau prengus dan kotoran kambing pun sudah ikut terbuang bersama air rebusan pertama ini.

Jangan takut kaldu kambing ikut terbuang. Selama direbus dengan air mendidih, kaldu daging masih akan terkunci di dalam dagingnya. Jadi, jangan sampai salah menggunakan air ya.

Rebus kembali untuk kedua kalinya dalam air dingin. Air dingin punya efek mengeluarkan sari dalam daging sehingga sup dijamin makin gurih dan berkaldu.

Kita pun mulai bisa menambahkan aneka rempah untuk sup sampai juga aneka bumbu.

3. Ketika Kambing Dibuat Sate

Rempah bisa jadi jalan keluar kambing yang berbau prengus. Jadi, kalau suka sate kambing yang polos, cukup kucuri dengan air jeruk nipis beberapa saat sampai menyerap.

Air jeruk nipis bisa memberi aroma segar yang menutupi bau prengus. Kalau mau lebih aman lagi, marinasi dulu daging sate dengan aneka bumbu. Misalnya saja, ketumbar, gula merah, lada, bawang putih dan masih banyak lagi.

Selain menambah rasa, tentu rempah ini akan menghasilkan sate beraroma sedap.

Sumber: Tabloid Nova
Editor: Yudha