Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Simak! Begini Cara Memegang Setir Mobil Yang Benar
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 01-09-2017 | 13:38 WIB
pegang-setir1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dalam mengemudikan semuah mobil, tentu peran sebuah roda kemudi sangat penting dalam mengarahkan kendaraan menuju tujuan yang diinginkan.

Namun, dalam memegang setir, akan lebih baik jika tidak secara asal-asalan dan menggunakan teknik yang benar dalam mengemudi.

Ada pun posisi tangan yang baik saat memegang setir yaitu sejajar. Bila diibaratkan menggunakan angka pada jam, kira-kira posisi tangan berada di angka 9 dan 3.

Ketika ingin melalui belokan yang cukup sulit maka jaga posisi tangan agar tidak menyilang. Sebelum berbelok, posisikan tangan pada posisi jam 12.

Saat ingin mengambil tikungan ke kanan maka tempatkan tangan kanan pada posisi jam 12 dan tangan kiri pada posisi jam 6. Jika berbelok ke kiri maka tangan kiri ditempatkan pada posisi jam 12 dan tangan kanan pada posisi jam 6.

Perhatikan agar tangan tidak menyeberang ke kiri atau melewati posisi jam 12 dan sebaliknya. Gerakan tangan kanan diperbolehkan hanya saja dari posisi jam 12 maju ke posisi 6 sedangkan tangan kiri dari posisi jam 12 mundur ke posisi jam 6.

Sumber: Otosia.com
Editor: Yudha