Gema Independen Dukung Calon Independen di Pilwako Tanjungpinang 2018
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 28-08-2017 | 10:11 WIB
independen-00.gif
Gema Independen resmikan rumah independen sebagai bentuk dukungan terhadap calon yang akan maju jalur independen pada Pilwako Tanjungpinang 2018. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gema Independen, mendeklarasikan dukungan terhadap calon independen yang akan bertarung di Pilwako Tanjungpinang pada tahun 2018 mendatang. Dukungan tersebut ditandani dengan peresmian rumah independen di Tanjungpinang, Sabtu (26/8/2017).

Ketua Gema Independen Kota Tanjungpinang, Edi Susanto mengatakan, peresmian dan pendirian rumah independen itu merupakan rumah bersama masyarakat Tanjungpinang yang ingin memberikan dukungan dalam pengumpulan KTP sebagai dukungan dalam mengusung calon independen di Pilwako Tanjungpinang 2018 mendatang.

"Sampai hari ini, Gema Indeoenden sudah mengumpulkn 13.085 KTP dukungan yang sudah terferivikasi di internal kami serta kami input di sistem yang kami buat agar tidak terjadi data ganda pada dukungan," ujar Edi.

Dari data yang terkumpul, tambah Edi mupakan KTP dukungan dari warga sipil dan tidak termasuk dukungan dari unsur TNI, POLRI dan PNS, karena sesuai dengan PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang syarat dukungan tidak diperbolehkan dukungan dari KTP TNI dan Polri serta PNS.

Dari KTP dukungan tambah Edi, selain yang sudah terverifikasi, masih ada 3.175 KTP dukungan yang masih akan diverifikasi.

"Malah pada saat peresmian rumah independen hari ini, relawan kami masih membawa 130 foto kopi KTP dukungan baru. Jadi kalau ditotalkan semua, sudah melebihi batas minimal dukungan pada calon untuk maju di Pilwako 2018 mendatang," ujarnya.

Pada prinsipnya, tambah Edi, Gema Independen Tanjungpinang menyatakan siap untuk mengusung calon independen pada Pilwako 2018 mendatang.

Mengenai calon yang akan diusung, Edi menambahkan, hingga saat ini, dari hasil penjaringan Gema Independen, ada dua nama yang bakal diusung yaitu, H.Edi Safrani dan Umar Usman.

Siapa dari dua calon yang akan jadi Wali Kota atau Wakil Wali Kota, Edi mrnambahkan, akan kemabali melakukan survey, melalui seluruh relawan dan pendukung.

"Akan kami survey kembali, bisa Pak Umar atau Pak Edi Safrani," ujarnya.

Mengenai target, Gema Independen mengakui, perjuangan dalam menloloskan calon independen dalam Pilwako Tanjungpinang dikatakan tidak lah mudah, namun dengan tim dan relawan yang solid, Gema Independen menargetkan akan dapat mencalonkan calon Wali Kota dan Wakik Wali Kota Tanjungpinang dari jalur independen.

"Dalam mewujudkan target pencalonan Independen ini, kami juga akan membuka posko-poska penerimaan dukungan dan KTP di 18 titik Kelurahan, hingga sebelum menunjang pendaftaran pesta demokrasi sudah bisa mendapatkan 30 persen dukungan dan KTP sesuai dengan yang dipersyaratkan," jelasnya.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI