Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Karimun dan Pimpinan PT BPB Bahas Rancangan Pembangunan Smelter
Oleh : CR-16
Kamis | 24-08-2017 | 13:38 WIB
Smelter1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Karimun dengan PT BPB membahas rancangan smelter di rumah dinas Bupati. (Foto: Humas Pemkab Karimun)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Pimpinan PT Berkah Pulau Bintan (BPB) membahas rancangan pembangunan smelter dan refinery ingot alluminium di Kabupaten Karimun bernilai investasi Rp 16 miliar.

"Usaha pertambangan PT BPB dalam proyek tersebut sudah mendapatkan izin operasi produksi, terutama untuk pengolahan dan pemurnian mineral logam komoditas bauksit dimana yang telah ditanda tangani oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atas nama Menteri ESDM," ungkap Rafiq saat pertemuan di rumah dinas Bupati Taman Bunga Tanjungbalai Karimun, Rabu (23/8/2017) sore.

Menurutnya, pengerjaan tersebut diperkirakan akan memakan waktu 5 tahun mulai tahap perizinan dan persiapan, tahap pelaksanaan hingga ke tahap produksi. Smelter yang dimasud merupakan fasilitas pengolahan hasil tambang, dimana berfungsi dalam meningkatkan kandungan logam, seperti timah, nikel, tembaga, emas dan perak hingga mencapai tingkat yang memenuhi standar.

"Pembangunan smelter yang dikerjakan oleh PT BPB berdasar paa Permen ESDM no 1 tahun 2014 tentang pelarangan expor bahan mentah," ujar Rafiq.

Sementara, pihak PT Berkah Pulau Bintan mengatakan, proyek tersebut dapat menyerap tenaga kerja lokal yang diperkirakan sebanyak 1.500 orang. Proyek ini dapat meningkatkan APBD Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepulauan Riau dan memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Karimun.

Editor: Yudha