Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilkades Serentak Belum Juga Dilaksanakan, Bupati Anambas Berang
Oleh : Alfreddy Silalahi
Kamis | 24-08-2017 | 11:50 WIB
Bupati-Anambas8.gif Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Anambas Abdul Haris. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas berang karena Dinsos tidak mampu mempercepat proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

"Saat ini ada 20 desa yang kepala desa dijabat oleh Pejabat Sementara (Pjs). Ini yang membuat pengelolaan dana desa tak maksimal. Karena kewenangannya tidak sepenuh kewenangan Kepala Desa defenitif, dan kepentingan masyarakat belum tentu tergarap semua," kata Abdul Haris, disela-sela pengarahan pada pembukaan sosialisasi dana desa, Kamis (24/8/2017) di gedung BPMS.

Haris juga menegaskan, Pilkades serentak harus bisa diselenggarakan pada September 2017. Mengingat Pjs sudah dijabat kurang lebih 6 bulan.

"Apa lagi kendala Pilkades serentak ini tidak diselenggarakan. Perbub sudah ada, kok dilama-lamain. Ini yang membuat pengelolaan dana desa tidak maksimal. Upayakan September Pilkades serentak diselenggarakan, kalau tidak siap terus terang saja. Biar saya tahu," tegasnya.

Sementara, Sekretaris Dinsos P3APMD Kabupaten Kepulauan Anambas, Raja Sulaiman mengatakan, Pilkades serentak tinggal menunggu pembentukan Panitia Pilkades serentak yang ditargetkan pada Oktober 2017.

"Insya Allah siap pak. Tinggal menunggu pembentukan Panitia Pilkades serentak. Semua proses sudah siap, baik administrasi dan Perbub," akunya.

Editor: Yudha