Danlanal Batam Ajak Masyarakat Bersihkan Pantai
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 22-08-2017 | 14:37 WIB
Bersihkan-sampah-lanal1.gif
Personil Lanal Batam bersihkan sampah di Pantai Tanjungriau. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, memimpin prajurit Lanal Batam pada aksi bersihkan pantai dari sampah di Pantai Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Selasa (22/8/2017).

Hal ini, dilakukan dalam rangka menyambut peringatan hari ulang tahun (HUT) TNI Angkatan Laut yang ke-72 Tahun 2017 yang diperingati setiap tanggal 10 September.

Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo yang didampingi Ketua Cabang 5 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada Barat Ny Herlina Ivong, mengatakan kegiatan bersih-bersih pantai kali ini merupakan program dan penekanan dari pimpinan TNI AL agar masyarakat peduli dan perhatian dengan kebersihan lingkungannya.

"Tujuan lainnya, untuk membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan laut. Disamping itu, aksi pembersihan sampah di pantai juga bertujuan untuk ikut mendukung program pemerintah dalam membangun budaya maritim dengan lebih mencintai lautnya," ungkap Ivong.

Dilanjutkan, prajurit TNI Angkatan Laut khususnya yang berdinas di Lanal Batam harus dapat menjadi pelopor bagi masyarakat sekitarnya dalam upaya menjaga kelestarian dan kebersihan laut, dengan cara tidak membuang sampah ke laut khususnya sampah plastik dan non organik lainnya.

"Apalagi wilayah geografisnya, kota Batam adalah pulau dimana sebagian besar masyarakatnya menggantungkan kehidupannya pada sumber daya alam yang dimiliki laut, sehingga laut harus selalu terjaga kelestarian dan kebersihannya," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, sebagai ketua pelaksana penyelenggaraan kegiatan bersih pantai adalah Mayor Laut (PM) Syarifuddin yang sehari-hari menjabat sebagai Paspotmar Lanal Batam.

Dalam aksi bersih sampah kali ini, Pangkalan TNI AL Batam melibatkan stakeholder atau instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kota Batam, Dinas Perikanan kota Batam, Dinas Kesehatan kota Batam, Batalyon infantry 10 Mar/SBY, Koramil Batam Timur, Polsek Sekupang, Kecamatan Sekupang, Satpol PP, siswa Masdrasah Aliyah dan MTS Tanjung Riau, Rumah Bakau Indonesia (RBI) Batam dan siswaSaka Bahari binaan Lanal Batam dan masyarakat Tanjung Riau.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI