Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Personil TNI/Polri dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Pantai Tanjungpinang
Oleh : Harjo/Charles
Selasa | 22-08-2017 | 14:26 WIB
bersihkan-sampah1.gif Honda-Batam
Personil TNI/Polri bersihkan sampah di Pantai Tanjungpinang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lebih dari 600 warga Kota Tanjungpinang sejak pagi hari berduyun-duyun memadati Anjung Cahaya, Teluk Keriting, hingga ke Plantar dua Tanjungpinang dalam rangka gotong royong membersikan sampah dan kampaye kebersihan, Selasa (22/8/2017).

Ajakan sekaligus kampanye dan penyadaran masyarakat tersebut diprakarsai oleh gabungan Lantamal IV, Korem 033/WP, Lanud RHF, Polres Tanjungpinang, Instansi Pemda Kota Tanjungpinang, Jalasenastri Korcab IV DJAB, Mahasiswa, KSOP, Bea Cukai, Pelindo, Pramuka dan masyarakat yang bermukim di pesisir pantai Kota Tanjungpinang.

Gotong rong kebersihan yang diinisiasi Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal IV Tanjungpinang ini mengusung tema 'Lantamal IV Mengajak Masyarakat Tidak Membuang Sampah Plastik di Sungai dan Laut'. Hal ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Kota Tanjungpinang.

Pantauan di lapangan, tumpukan sampah yang menggunung didominasi sampah plastik diangkut puluhan mobil truk dari Dinas Kebersihan Kota Tanjungpinang dan mobil truk TNI/Polri berjejer menampung sampah dari laut dan selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Sementara itu dari laut puluhan perahu karet dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV dan speedboat Satkamla Lantamal IV bergerak memungut sampah plastik yang berserahkan di laut.

Danlantamal IV Laksma TNI R. Eko Suyatno yang diwakili Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan mengatakan, upaya yang digagas TNI/Polri ini merupakan bagian dari kampaye anti sampah dan menginginkan laut dan sungai di Kota Tanjungpinang bebas dari sampah.

Hal ini membutuhkan peran dan kesadaran masyarakat yang bermukim di sepanjang garis pantai untuk tidak membuang sampah ke laut dan sungai. Seperti halnya salah satu spot di Kota Tanjungpinang khususnya sekitar Pasar Pelantar Dua, permasalahan sampah yang dibuang ke laut dari dulu sampai sekarang tidak pernah selesai.

"Ini mengindikasikan masih kurangnya kesadaran masyarakat sendiri, berbagai upaya terobosan dilakukan oleh Pemko Kota Tanjungpinang untuk mengatasi sampah plastik yang berserahkan dilaut harus kita dukung bersama agar tidak mencemari laut," ujar Dwika.

Wadan Lantamal IV juga mengajak warga Kota Tanjungpinang bersatu-padu dan berkomitmen perang terhadap sampah. "Mari kita bekerjasama, jangan saling menyalahkan tetapi disini merlukan kesadaran dan aksinyata dari masyarakat itu sendiri, khususnya yang bermukim disepanjang garis pantai agar tidak membuang sampah kelaut dan sungai mulai sekarang," katanya.

Editor: Yudha