Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Countdown Asian Games 2018 Jakarta-Palembang di Monas

Formasi 300 Drone Menyala di Langit Monas
Oleh : Saibansah
Sabtu | 19-08-2017 | 08:24 WIB
drone_di_monas.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Formasi 300 drone menyala menampilkan tulisan "Asian" di langit Monas. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ribuan warga Jakarta yang tumpah ruah di Kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta malam itu, terpukau menyaksikan formasi 300 drone menyala menandai hitung mundur Asian Games Jakarta-Palembang 2018 di, Jumat (18/8/2017).

Berbagai formasi indah ditampilkan, mulai dari tulisan "Asian Games 2018" hingga lambang Garuda.

Penampilan 300 drone itu menyala di langit Monas setelah Presiden Jokowi melesatkan anak panah di atas panggung, menandai dimulainya hitung mundur Asian Games Jakarta-Palembang 2018 yang akan digelar 18 Agustus 2018 mendatang.

Mulanya, sekumpulan drone yang beterbangan selama sekitar enam menit itu menyala bergantian dalam kerlap-kerlip warna biru, hijau, putih, dan merah. Kemudian, sebagian membentuk konstelasi spiral serupa galaksi dan berbagai bentuk unik.

BATAMTODAY.COM menyaksikan ribuan penonton yang hadir bertepuk tangan riuh-rendah setiap kali ratusan drone itu berubah bentuk. Salah satu sisi Tugu Monas yang memperlihatkan bendera merah putih sedang berkibar turut menambah khidmat suasana.

Pengunjung semakin takjub saat kumpulan drone bergantian membentuk kata "Asian", "Games", dan "2018". Lantas, titik-titik drone mewujud dalam bentuk sang saka merah putih dan Garuda Pancasila yang merentangkan sayap dengan gagah di angkasa.

Baca: Wartawan Indonesia Diundang Mencatat Sejarah Bangsa

Salah satu formasi paling epik, yakni saat drone melukis gambar atlet yang bagaikan sedang berlari. Atlet tersebut membawa obor api yang disulutkan ke cawan raksasa perlambang dibukanya kompetisi olahraga tingkat Asia itu tahun mendatang.

Selain pertunjukan drone, Panitia Pelaksana Pesta Olahraga Bangsa Asia (INASGOC) juga mengundang dua personel girlband asal Korea Selatan Girls Generation atau dikenal SNSD, Taeyeon dan Hyeyeon.

Sejak sore hari, para fans SNSD yang biasa disebut SONE sudah menunggu kedua idolanya di pintu masuk Monas. Mereka membawa kertas bertulisan huruf Korea. Mereka rela berdesakan, hingga beberapa diantara mereka jatuh pingsan. Rata-rata adalah anak-anak usia remaja.

Ketua Panitia Pelaksana INASGOC Erick Thohir mengatakan, Asian Games diikuti 45 negara seluruh Asia dengan mengusung tema "Energy of Asia".

Editor: Dardani