Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Arsiparis Bintan Terbaik Tingkat Nasional 2017
Oleh : Harjo
Sabtu | 19-08-2017 | 08:00 WIB
AWARD_2017.jpg Honda-Batam
Yuwono A.Md berhasil memenangkan lomba arsiparis teladan tingkat nasional, yang dilaksanakan dari tanggal 15-17 Agustus 2017 di Jakarta. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan- Pegawai Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bintan, Yuwono A.Md berhasil memenangkan lomba arsiparis teladan tingkat nasional, yang dilaksanakan dari tanggal 15-17 Agustus 2017 di Jakarta.

Atas keberhasilan arsiparis asal Bintan itu, ia mendapat piagam penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI, Asman Abnur.

Arsiparis, adalah ASN (Aparatur Sipil Negara) yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan kearsipan pada instansi pemerintah.

Dan Yuwono telah 10 tahun lebih mengabdi di dinas perpustakaan dan arsip kabupaten Bintan. Berkat keuletan dan kedisplinannya, ia berhasil mengharumkan nama kabupaten Bintan.

Kegiatan pemilihan arsiparis dan pengelola arsip teladan tingkat nasional ini merupakan salah satu wujud peran serta Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam memberikan pembinaan terhadap sumber daya manusia (SDM) di bidang kearsipan.
Diharapkan, lomba ini dapat terus meningkatkan kualitas SDM kearsipan, khususnya arsiparis yang kompeten, yang handal, berdedikasi dan berkinerja baik.

Selain itu, kegiatan pemilihan arsiparis teladan pun menjadi salah satu ajang untuk memberikan apresiasi kepada arsiparis atas pengabdian dan jasanya terhadap bidang profesi kearsipan. Dengan demikian, para arsiparis teladan dapat dijadikan contoh keteladanannya untuk meningkatkan pengelolaan arsip.

ASN yang aktif mengembangkan seni bela diri pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di kabupaten Bintan ini, mengungkapkan, pengelola perpustakaan dan arsip merupakan pekerjaan yang harus dikerjakan dengan sungguh sungguh dan dengan penuh kesabaran serta ketelatenan.

"Semoga ke depan generasi muda, berminat dan menekuni bidang kearsipan. Seorang arsiparis diharapkan bisa menjadi role model dan turut serta aktif dalam sharing ilmu pengetahuan dan informasi kepada masyarakat," ujar Yuwono, Jumat (18/8/2017).

Editor: Dardani