Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mahasiswa KKN UIN Suska Gelar Festival Anak Soleh di Kundur Karimun
Oleh : CR-16
Jum\'at | 18-08-2017 | 19:26 WIB
Mahasiswa-UIN-KKN-di-Kundur.gif Honda-Batam

PKP Developer

Kegiatan Festival Anak Sholeh (Foto: CR-16)

BATAMTODAY.COM, Kundur - Mahasiswa Universitas Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam programnya menggelar Festival Anak Soleh, di mana ratusan Santri Masjid Nurul Jami' Desa Perayun, Kecamatan Kundur, menjadi pesertanya. Jum'at (18/8/2017).

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa KKN UIN Suska Riau menggelar berbagai macam kegiatan yakni, Lomba Azan, Hapalan Surat Pendek, Hapalan Doa Sehari- hari, Praktik Salat Subuh, Lomba Lagu Islami dan Kultum. Kegiatan itu, dilaksanakan di Masjid Nurul Jami' Desa Perayun dan dilaksanakan selama 2 hari.

Ketua Pelaksana, Ulfi Faticha, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan melatih serta meningkatkan bakat dan kemampuan belajar anak dalam mempelajari ilmu agama Islam tentunya. Untuk peserta kegiatan berasal dari santriwan dan santriwati Taman Pendidikan Quran (TPQ) Nurul Jami'.

"Alhamdulillah, antusias anak-anak TPQ Nurul Jami' sangat luar biasa, ada sekitar 137 peserta yang mendaftar untuk ikuti perlombaan. Tujuan kita untuk berbagi ilmu kepada anak-anak ini," ujar Ulfi

Ulfi mengatakan, kegiatan ini dapat terlaksana atas kerja bersama pihak Masjid Nurul Jami dan Masyarakat Desa Perayun. Dirinya berharap, setelah mengikuti perlombaan yang dilaksanakan oleh Kelompok KKN Desa Perayun UIN Suska Riau, dapat bermanfaat bagi anak-anak tersebut.

"Harapkan kita dari peserta lomba ini nantinya bisa menjadi santriwan dan santriwati yang memiliki wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas mengenai agama dan bisa mengaplikasikan setiap perlombaan yang mereka ikuti dalam kehidupan sehari-harinya," kata Ulfi.

Sekretaris Kelompok KKN Desa Perayun UIN Suska Riau, Nurhayani, juga menambahkan bahwa saat ini pengaruh-pengaruh buruk bagi generasi muda semakin memprihatinkan. Untuk itu, dengan adanya Festival Anak Soleh ini menjadi momen untuk pembinaan generasi muda agar bisa menyaring bahkan menjadi benteng terhadap pengaruh-pengaruh tersebut.

"Dengan memulai pembinaan sejak usia dini diharapkan akan menjadi anak yang saleh, alim, faqih dan bisa mandiri. Kegiatan ini bermanfaat dan positif untuk pembentukan generasi muda yang memiliki akhlak yang mulia," ujar Yani

Kepala Desa Perayun, Heri Santosa, mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Desa Perayun UIN Suska Riau. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa tersebut sangat positif dan diharapkan bisa melahirkan anak-anak yang soleh dan soleha.

"Kehadiran mereka di desa kami sangat membantu dengan program-program yang telah dilaksanakan. Salah satunya kegiatan Festival Anak Soleh ini, yang dimana anak-anak akan termotivasi untuk lebih belajar agama," katanya Heri, Jumat (18/8) sore.

Diharapkan, apa yang telah dilaksanakan oleh mashasiswa tersebut akan dapat dilanjutkan lagi oleh masyarakat Desa Perayun atau pengurus masjid, karena kegiatan seperti ini sangat positif dan akan melahirkan anak-anak yang mempunyai akhlak yang bagus.

"Semoga kegiatan yang dilaksanakan anak-anak KKN ini dapat diikuti oleh masyarakat Desa Prayun, karena ini sangat posif, dari sini akan terciptanya generasi-generasi yang memiliki akhlak nantinya," tutupnya.

Editor: Udin