Pantai Tanjung Momong Anambas Tercemar Tumpahan Minyak Solar
Oleh : Alfreddy Silalahi
Jum\'at | 18-08-2017 | 12:26 WIB
tercemar1.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pantai Pulau Siantan Anambas tercemar tumpahan minyak solar mencapai 2 kilometer. Pencemaran laut tesebut dikuatirkan bisa mengancam kelestarian terumbu karang.

Pantauan di lapangan, tepi laut di belakang Dinas Pendidikan hingga Pantai Tanjung Momong tampak tumpahan minyak.

Iwan, alah satu warga yang kebetulan berkunjung ke Pantai Tanjung Momong mengatakan, warna yang menyerupai pelangi tepatnya di Pantai Tanjung Momong merupakan tumpahan minyak. Dia juga mengakui aroma solar juga sangat menyengat.

"Ini yang dikuatirkan merusak terumbu karang. Tumpahan minyak itu juga dikhawatirkan dari tengah laut yang terbawa arus hingga ke tepi pantai," ujarnya.

Dia juga mengatakan, tumpahan minyak tersebut dapat merembet pada rumput laut yang dibudidayakan oleh masyarakat. "Laut memiliki arus, kalau minyak ini dari tengah. Bisa-bisa akan merusak rumput laut yang dibudidayakan masyarakat," katanya.

Dia berharap, ada ketegasan dan keseriusan Pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut. "Hal ini sering terjadi, dan ini terjadi akibat Pemerintah yang terkesan melakukan pembiaran tanpa pengawasan. Mudah-mudahan kedepan hal ini tidak terulang lagi. Sehingga visi-misi Pemerintah untuk melestarikan lingkungan bisa terwujud," tegasnya.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI