Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonis
Oleh : Redaksi
Jumat | 18-08-2017 | 10:29 WIB
ldr-00.gif
Ilustrasi hubungan jarak jauh. (cintamela.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jangan biarkan jarak membuat hubungan Anda dengan yang tersayang berantakan. Studi menunjukkan hubungan pasangan yang terpisah jarak dan waktu cenderung lebih kuat dibanding mereka yang tinggal di kota yang sama.

Para peneliti dari University of Utah juga mempunyai bukti (hasil riset tentu), bahwa pasangan yang terpisah jarak atau dalam beberapa kasus tertentu juga dipisahkan oleh perbedaan waktu– memiliki hubungan dan tingkat kepuasan seksual yang lebih tinggi dibanding pasangan yang tinggal di kota yang sama.

Bagaimana mungkin hal tersebut dapat terjadi?

"Terpisah jarak dari pasangan akan memaksa seseorang bekerja lebih keras agar hubungannya berhasil," kata Karen Blair, Ph.D., salah satu peneliti dari University of Utah.

Hubungan jarak jauh, kata dia, memaksa seseorang untuk lebih rajin berkomunikasi, mulai dari hal sepele hingga hal-hal intim. "Semuanya akan dicurahkan begitu saja. Berbeda dengan pasangan yang hidup berdekatan."

Tetapi tentu saja hal itu tak dapat dilakukan dengan gampang. Setiap hubungan membutuhkan usaha besar agar dapat bertahan lama.

Berikut tips menjalin hubungan jarak jauh.

Luangkan waktu

Luangkan sedikitnya 15 menit per hari, setiap hari, untuk berkomunikasi dengan pasangan. "Ceritakan semuanya, masalah berat yang Anda hadapi, rencana yang akan Anda lakukan minggi atau bulan depan, keluarga, pekerjaan Anda. Meski jarak dan waktu memisahkan Anda berdua, hal sepele seperti itu dapat membuat Anda merasa selalu dekat," jelas para peneliti dari Cornell Univesity.

Teknologi

Entah menggunakan Skype atau FaceTime, pastikan koneksinya cukup bagus, jangan sampai masalah koneksi mengganggu percakapan Anda dengan pasangan. "Terkadang masalah koneksi memaksa seseorang untuk lebih memerhatikan ekspresi wajah pasangan dan juga intonasi (suara) nya. Agar tidak membosankan, hubungi pasangan Anda melalui Skype saat masak atau menonton televisi," jelas para peneliti dari Ohio State University.

Bumbu-bumbu

Bukan bumbu-bumbu yang ada di dapur, yang dimaksud dengan 'bumbu-bumbu' di sini adalah phone sex, surat atau video erotis atau foto-foto yang merangsang. Seks merupakan bagian penting dalam sebuah hubungan. "Hal tersebut perlu dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan fisik yang mau tidak mau terhalang jarak dan waktu," ujar Dr Greg Gulner, M.D., penulis Long Distance Relationship: The Complete Guide.

Pertemuan

Setidaknya sekali. Rencanakan pertemuan, satu bulan sekali, jika memang memungkinkan - terutama bagi Anda yang tidak pernah sama sekali menghabiskan waktu di tempat yang sama.

Rencana jangka panjang

"Salah satu penanda suksesnya sebuah hubungan jarak jauh adanya rencana, di mana keduanya saling percaya atau setidaknya merasa bahwa hubungan tersebut dapat berjalan lama," sambung Blair.

Sikap

Yang menjadikan hubungan tersebut akhirnya kandas adalah rasa tidak percaya. Saat salah satu pihak merasa ragu dan tidak segera mengungkapkannya, hubungan tersebut tidak akan berhasil. "Ubah sikap anda. Berpikir lebih positif dengan begitu hubungan dapat berjalan dengan baik," kata Blair.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli


BNN-KEPRI