Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemenag Tanjungpinang Imbau JCH Jaga Stamina
Oleh : Habibie Khasim
Rabu | 16-08-2017 | 19:26 WIB
Kepala_Kemenag_Tanjungpinang,_Muhammad_nasir.gif Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Muhammad Nasir (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Muhammad Nasir, mengimbau agar 216 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Tanjungpinang agar menjaga stamina. Pesan ini dikhususkan kepada panitia yang mendampingi agar terus memantau para JCH, khususnya mereka yang sudah lanjut usia.

Diketahui, JCH yang tertua berusia sekitar 84 tahun atas nama Kateman Samudi Mangun Rejo. Sementara yang lain usianya pun sekitar 40 tahun ke atas. Hal ini tentunya menjadi suatu tantangan tersendiri untuk JCH, mengingat dari kabar yang berkembang, suhu di tanah suci saat ini adalah 45 derajat celsius.

"Kita mewanti-wanti agar petugas kesehatan selalu siaga, karena memang suhu di sana sangat panas sekali. Ditakutkan, para jemaah haji yang usia lanjut tidak kuat. Namun, kita bersama berdoa agar semua jamaah bisa menjalankan ibadah haji lengkap di sana," kata Muhammad Nasir, saat diwawancarai, Rabu (16/8/2017).

Selain suhu, beredar kabar juga bahwa Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan edaran agar para JCH mewaspadai penyebaran virus Mers-Cov, yang penularannya bisa melalui unta. Hal ini juga dikatakan Nasir, harus menjadi perhatian para jamaah haji dan para panitia pendamping di sana serta petugas medis.

"Yang terpenting itu jaga kesehatan, perbanyak makan vitamin dan minum air putih, biar badan selalu fit. Ya kalau sakit, banyak-banyak istighfar dan berserah diri kepada Allah SWT," kata Nasir.

"Satu lagi, kita harap para jamaah haji saat menginjakkan kaki saja di tanah suci, tertiblah mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah Arab Saudi," sambung Nasir.

Editor: Udin