Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Puji Kematangan DPD RI Dibawa Pimpinan Oesman Sapta
Oleh : Irawan
Rabu | 16-08-2017 | 11:50 WIB
jokowiSTMPR1.gif Honda-Batam
Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla di Sidang Tahunan MPR RI

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kinerja DPD RI dibawa kepimpinan Oesman Sapta Odang yang semakin menunjukkan kematangan, meski sebelumnya sempat diterpa masalah internal.

Sehingga bisa terus memantapkan peran konstitusionalnua sebagai penampung dan penyalur aspirasi masyarakat dan daerah.

"Sungguh kita berbesar hati karena DPD telah menunjukkan kinerja dan kematangannya dalam melewati masa-masa sulit konsolidasi internalnya," kata Jokowi saat menyampaikan Pidato Presiden RI dalam Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2017, Rabu (16/8/2017).

Ditengah tantangan itu, kata Jokowi, kerja keras DPD hingga semester pertama Tahun 2017 ini telah menghasilkan 10 pertimbangan terhadap RUU dan 5 pertimbangan berkaitan dengan anggaran, serta 13 hasil pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang tertentu.

"Beberapa diantara pertimbangan itu ada yang sangat kita perlukan untuk mempercepat pemerataan pembangunan di daerah-daerah seperti pertimbangan atas RUU tentang Pengelolaan Kawasan Perbatasan Negara dan RUUU tentang Kewirausahaan Nasional, serta pengawasan atas pelaksaaan UU tentang Desa," tegas Jokowi.

Sedangkan mengenai kinerja DPR, Presiden memuji kinerja lembaga perwakilan rakyat itu karena diplomasi parlemennya telah memperkuat kerjasama Indonesia dengan negara-negara sahabat guna memperjuangkan kepentingan nasional dan internasional.

"Diplomasi itu dilakukan melalui Grup Kerjasama Bilateral (GKSB) DPR dengan Parlemen negara-negara sahabat. DPR saat ini telah membentuk 49 GKSB, serta berperan aktif dalam forum kerjasama antar parlemen internasional," katanya.

Sementara menyangkut kinerja MPR, lanjut Presiden, MPR terus berusaha untuk menjembatani berbagai arus perubahan, pemikiran, aspirasi masyarakat dan daerah dan berbagai etika politik kebangsaan yang bertumpu pada nilai-nilai permusyawaratan dan perwakilan, kekeluargaan, gotong royong dalam bingkai NKRI.

Editor: Surya