Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Batam Luncurkan Aplikasi Pengaduan Masyarakat 'Apekesah'
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 15-08-2017 | 16:15 WIB
Guntur-dan--Amsakar.gif Honda-Batam

PKP Developer

Peluncuran aplikasi ini merupakan sebuah terobosan dalam menanggapi pengaduan masyarakat itu dilaksanakan di aula Engku Hamidah lantai IV Kantor Wali Kota Batam (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informarmatika (Kominfo) memberi gebrakan dalam pelayanan masyarakat. Kominfo meluncurkan layanan aduan masyarakat secara online dengan aplikasi 'Apekesah'.

Peluncuran aplikasi 'Apekesah', yang merupakan sebuah terobosan dalam menanggapi pengaduan masyarakat, dilaksanakan di aula Engku Hamidah, lantai IV Kantor Wali Kota Batam, Selasa (15/8/2017), yang dihadiri Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmmad.

Kepala Dinas Kominfo, Salim, dalam kata sambutannya mengatakan, launching aplikasi layanan aduan masyarakat itu sebagai bentuk terobosan dan kebijakan dalam menanggapi permasalahan warga Batam.

"Nama 'Apakesah' ini dari Wali Kota Batam langsung. Apekesah diharapkan menjadi jembatan aplikasi komunikasi media masa dengan Pemerintah Kota Batam," kata Salim.

Ia berharap, dengan diluncurkannya aplikasi 'Apekesah' pemberitaan di media masa berimbang dan mendorong pertumbuhan dan pembangunan infrastruktur di Batam, selain melayani pengaduan masyarakat.

"Perlu diketahui, saat ini pemerintah Batam tengah melakukan pembangunan pelebaran jalan, banjir dan pemasangan 26 camera CCTV dalam menjaga keamanan warga Kota Batam," ujarnya.

Ia mengaku pelayanan publik merupakan amanah bahwa pemerintah berkewajiban menyediakan sarana pengaduan masyarakat.

"Semakin besar pengaduan dan ditanggapi oleh pemerintah, itu kota yang baik, bukan sedikitnya pengaduan. Masyarakat bisa download aplikasi ini diplay store," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Ahmmad, mengatakan bahwa aplikasi apekesah dimaksudkan menjadi media yang menjembatani antara masyarakat dengan Pemerintah Kota Batam.

Bahwa Apekesah dimaksudkan untuk menjadi semacam media yang menjembatan. Di satu sisi antara masyarakat dan pemerintah.

"Pemerintah sekarang, kami tidak mau berkerja standar. Kami minta SKPD dan OPD harus memiliki terobosan. Kalau tidak, kami akan tertinggal dengan aspirasi masyarakat. Terima kasih untuk pak Salim, sudah menjadi contoh terobosan ini," pungkasnya.

Editor: Udin