Presiden Instruksikan Semua Kepala Daerah Siapkan Bank Tanah
Oleh : Redaksi
Sabtu | 12-08-2017 | 10:50 WIB
jokowi-88.gif
Presiden Jokowi saat meninjau pembagunan Bendungan Kuwil di Minahasa Utara. (BPMI/setkab.go.id)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo menginstruksikan seluruh kepala daerah beserta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri BPN Sofyan Djalil mencari dan mempersiapkan bank tanah di Indonesia.

Jokowi menyatakan, keterbatasan lahan menjadi salah satu permasalahan utama Indonesia. Sebab, selama ini pemerintah sama sekali tidak memiliki bank tanah (land bank).

"Ini kalau tidak kami selesaikan, sampai kapanpun akan kesulitan. Saya minta setiap daerah ini menyiapkan bank tanah," kata Jokowi di JCC, Jumat (11/8/2017).

Ini menjadi permasalahan sejak dahulu. Sebab, lahan atau tanah Indonesia terbatas, tetapi jumlah penduduk terus bertambah. Pencarian ini diperlukan agar pembangunan mendatang lebih mudah.

Hal ini juga guna menjaga kestabilan harga lahan di seluruh daerah Indonesia.

"Jangan sampai nanti spekulan atau mafia tanah menguasai, sehingga harga tanah menjadi tidak wajar dan naik," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Ia berpendapat, pencarian lahan akan lebih mudah di luar Pulau Jawa. Pencarian di Jawa akan sulit karena tingginya harga tanah dan minimnya lahan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Gokli


BNN-KEPRI