Pengurusan Akte di Disdukcapil Batam Melonjak Tajam
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 12-08-2017 | 08:50 WIB
akte_kelahiran.jpg
Ilustrasi akte kelahiran. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Semakin hari, pengurusan berbagai jenis akte di Kota Batam terus melonjak. Dalam 1 hari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcpil) Kota Batam, di Sekupang menerima pengurusan akte sampai 300 orang.

Jumlah ini paling tinggi dalam sejarah pengurusan akte di Disdukcapil Batam. Hal ini membuat antrian panjang kerap terjadi di ruangan akte, bahkan ruangan yang sempit kerap terjadi berdesak-desakan antara warga..

"Satu hari 300 orang yang ngurus, akte kelahiran, kematian, dan pernikahan," ujar Kabid pencatatan sipil Disdukcapil, Gita Malinda Jamat (11/08/2017)

Gita menjelaskan, pengurusan akte saat ini memang semakin meningkat dimana jumlah penduduk kota Batam semakin bertambah. Khususnya dalam pengerusan akte kelahiran anak.

"Akte lahir itu satu hari 200 orang yang mengurus, sisanya pengurusan akte kematian dan catatan pernikahan," ujarnya.

Ia mengakui kepengurusan akte saat ini memang sangat banyak yang dilayani. Sehingga saat ini Disdukcapil masih mencoba menjalin kerja sama beberapa rumah sakit untuk melakukan terobosan dalam pengurusan akte yang mudah.

"Saat ini masih Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah yang masih melakukan kerjasama dan mengeluarkan akte lahir dirumah sakit," pungkasnya.

Editor: Dardani


BNN-KEPRI