Lepas JCH dari ASN Pemprov Kepri, Sekda Ajak JCH Beribadah dengan Niat Kesungguhan
Oleh : Charles Sitompul
Jumat | 11-08-2017 | 18:50 WIB
Arif-tepung-tawari-jemaah-calon-haji-dari-ASN-Kepri.gif
Sekda Kepri, TS Arif Fadillah, melepas Jamaah Calon Haji (JCH) yang berasal dari ASN Pemerintah Provinsi Kepri (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, melepas Jamaah Calon Haji (JCH) yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri yang disejalankan dengan pengajian mingguan di Aula Wan Seri Beni, Istana Kota Piring, Dompak Tanjungpinang, Jum'at (11/8/2017).

Ke-17 ASN Pemerintah Provinsi Kepri yang menunaikan Haji itu terdiri dari 7 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Tampak dalam JCH tersebut Kepala Biro Kesra, Tarmidi dan Kepala Biro Administrasi Layanan Pengadaan, Misbardi.

Pelepasan ditandai dengan pemberian tepung tawar dan penyerahan cenderamata kepada masing-masing JCH. Sesuai jadwal, 17 orang JCH ini akan tergabung bersama rombongan JCH asal Kepri lainnya yang akan diberangkatkan pada gelombang II melalui embarkasi Batam, kloter terakhir atau 24 Agustus mendatang.

Sekda Arif mengatakan, hal yang paling utama dalam melaksanakan ibadah haji adalah niat dari dalam diri. Jamaah harus memiliki niat dan kesungguhan dan hanya benar-benar beribadah menjalankan kewajiban agama.



"Niatkan dalam hati kita sebuah kebanggaan mendapatkan kesempatan panggilan ke rumah Allah SWT, banyak masyarakat yang sudah mengantri untuk beribadah haji, maka manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin dengan niat yang tulus ikhlas untuk beribadah," ujar Arif.

Tak lupa Sekda juga berpesan untuk selalu menjaga kesehatan fisik agar dalam pelaksanaan ibadah haji bisa maksimal dalam mengikuti tahapan-tahapan dari awal hingga akhir. Kesabaran juga menjadi titik yang penting yang harus dimiliki setiap jamaah, karena selama di sana pasti akan diberikan cobaan yang tentunya harus dijalani oleh setiap jamaah.

"Kondisi alam Indonesia dan Arab tentu beda, jaga terus kesehatan dan tingkatkan kesabaran. Kami atas nama Pemerintah Provinsi Kepri mengucapkan selamat menjalankan ibadah haji, semoga selamat dalam perjalanan pergi dan kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur," sambung Arif.

Di akhir sambutannya, tak lupa Sekda berpesan kepada jamaah calon haji untuk juga mendoakan Provinsi Kepulauan Riau, agar ke depannya dapat lebih sejahtera baik dari segi daerah juga masyarakatnya.

Acara itu sendiri dilanjutkan dengan pembacaan dzikir dan doa. Kemudian diisi dengan siraman rohani oleh Ustadz Raja Sofyan yang mengambil judul ceramah tentang pelaksanaan ibadah haji.

Ustadz Sofyan dalam ceramahnya mengajak para Jamaah Calon Haji untuk mempersiapkan perbekalan selama beribadah. Sebagaimana diketahui bahwa haji adalah ibadah yang amat mulia. Ibadah tersebut adalah bagian dari rukun Islam bagi orang yang mampu menunaikannya. Keutamaan haji banyak disebutkan dalam Al Qur’an dan As Sunnah.

"Dalam melaksanakan kegiatan apa pun, persiapan merupakan sesuatu yang penting jika kita ingin mendapatkan hasil yang baik," ujarnya.

Dilanjutkan Ustadz, peristiwa ibadah haji yang mempunyai kedudukan tinggi dalam pandangan Allah SWT. Berdasarkan hadits Rasulullah SAW, akan memperoleh balasan surga adalah haji mabrur.



Predikat mabrur yang melekat pada kata "Haji", tentu memerlukan upaya maksimal. Secara logika, haji mabrur tidak mungkin bisa diperoleh tanpa adanya usaha serius. Usaha tersebut tentu berbentuk persiapan yang harus dilakukan sebelum berangkat ke tanah suci.

"Pada umumnya persiapan dalam rangka melaksanakan ibadah haji meliputi persiapan jasmani, rohani dan perlengkapan," ungkapnya.

Hadir pada kesempatan ini, Ketua BP3KR Huzrin Hood, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Abdul Razak, Kepala-Kepala OPD berserta Pegawai di Lingkungan Provinsi Kepri.

Editor: Udin


BNN-KEPRI