Tingkatkan Kinerja Pelayanan Institusi

PTUN Tanjungpinang Luncurkan E-Book Pedoman Kerja Inovasi
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 11-08-2017 | 18:02 WIB
PTUN-luncurkan-e-book.gif
Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI, Supandi memberikan sambutan saat peluncuran sistim E-Book Pedoman Kerja PTUN di PTUN Tanjungpinang di Batam Provinsi Kepri (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tingkatakan kinerja pelayanan pada pencari keadilan, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang di Batam Provinsi Kepri meluncurkan sistim E-Book Pedoman Kerja PTUN, yang bertujuan meningkatkan kinerja peayanana hukum serta kepuasan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan dalam pelayanan publik.

E-Book Pedoman Kerja PTUN Tanjungpinang ini memiliki 492 halaman yang berisi SOP dan lain-lain dengan besar faile-nya 10 MB. Ditambah lampiran berupa 11.662 Peraturan Perundang-undangan (termasuk peraturan intern Mahkamah Agung) dengan besaran faile-nya 3,38 MB. E-Book dapat diakses melalui PC, Laptop, Tablet dan Smartphone serta tidak memerlukan jaringan internet.

Peluncuran E-Book Perdoman Kerja Inovasi PTUN Tanjungpinang di Batam Provinsi Kepri ini, dilakukan oleh  Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI H.Supandi, Dirjen Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI Mulyono, Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Medan H.Bambang Edi Susanto Sadewo.

Kemudian Gubernur Priovinsi Kepri Nurdin Basirun serta Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang H Andri Mosefa dan dihadiri Asisten Administrasi Umum Kota Batam Firmansyah serta Hakim dan tamu undangan lainnya, di PTUN Tanjungpinang, Jum'at (11/8/2017).

Dalam amanahnya, Gubernur Nurdin Basirun mengajak segenap komponen masyarakat untuk terus membangun silaturahmi dalam menyelesaikan permasalahan. Inovasi yang dibuat juga diharap dapat membantu masyarakat dalam memahami dan menyelesaikan banyak persoalan.

"Kita semua ini sama di mata Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga saya mengajak untuk kita bisa bersilaturahmi  dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Selalulah mengambil keputusan dengan seadil-adilnya, tanpa merugikan orang lain agar terhindar dari azab Allah SWT," kata Nurdin saat peluncuran E-Book Pedoman Kerja Inovasi PTUN Tanjungpinang di Kantor PTUN Jalan Ir.Sutami Sekupang, Kota Batam, Jumat (11/8/2017).



Nurdin menyebutkan, dengan inovasi yang dibuat PTUN Tanjungpinang, masyarakat Provinsi Kepri akan berbangga dan berbahagia atas pencapaian prestasinya. E-Book Pedoman Kerja ini sangat efisien, ekonomis dan transparan dalam melaksanakan pekerjaan.

"Semoga PTUN Tanjungpinang bisa memberikan ilmu pengetahuan dan berbagi pengalaman kepada masyarakat Kepri dalam menghadapi setiap permasalahan," kata Nurdin.

Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI, Supandi, menyebutkan bahwa dengan semangat reformasi birokrasi, Mahkamah Agung akan terus meningkatkan pelayanannya kepada seluruh masyarakat Indonesia. Komitmen yang terus diupayakan yakni memberikan peradilan dengan seadil-adilnya.

"Inovasi E-Book Pedoman Kerja untuk mengelola dari hardcopy menuju softcopy agar transparan dan mudah diakses. Dengan perubahan yang terjadi saat ini, Presiden RI selalu berpesan untuk memanfaatkan teknologi," kata Supandi.

Kepada seluruh PTUN, kata Supandi, hendaknya teruslah berinovasi dan berprestasi agar e-goverment lebih baik dan bersih serta transparan agar masyarakat Indonesia memperoleh keadilan.

Dalam kesempatan itu, Ketua Pengadilan Tinggi TUN Medan, Bambang Edi, menambahkan, komitmen ke depan peradilan akan terus meningkatkan pelayanan yang berkualitas sehingga memberi kenyamanan bagi masyarakat Indonesia.

PTUN Tanjungpinang, kata Bambang, walaupun masih berusia 6 tahun, sudah mampu memberikan prestasinya antara lain, pencapaian Sertifikat ISO 9001-2008, peradilan percontohan yang menyediakan ruang publik terpadu dengan ruang sidang, memberikan kenyamanan di ruang tunggu bagi masyarakat, percontohon peradilan reformasi birokrasi dan menyusun e-book pedoman kerja.

"Harapannya kepada PTUN Tanjungpinang untuk terus meningkatkan etos kerja, raih prestasi dan teruslah berinovasi," kata Bambang.

Editor: Udin


BNN-KEPRI