Truk Ini Melenggang Bawa Sembako ke Bintan dari Kawasan FTZ Batam
Oleh : Hadli
Kamis | 10-08-2017 | 19:27 WIB
truk-tni1.jpg
Setiap hari, kendaraan yang mirip dengan truk logistik milik TNI AD ini menjadi perbincangan hangat masyarakat yang berada di pelabuhan ASDP Punggur (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kendaraan ini melaju kencang dari Batam sampai ke Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang. Ini adalah kendaraan truk yang membawa barang-barang dari wilayah FTZ Batam, tanpa pemeriksaan instansi yang berwenang di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur Batam. Apa misinya?

Setiap harinya, kendaraan yang mirip dengan truk logistik milik tentara ini menjadi pembicaraan hangat masyarakat yang berada di pelabuhan. Sebab, dalam sehari ada dua truk yang mirip memanfaatkan kapal roll on roll off (RoRo) untuk menyeberang tujuan Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan.

"Apa iya milik tentara? Kalau iya masa setiap hari nyebrang, logistik apa yang dibawa? Kalau bukan milik tentara, lantas kenapa bisa warnanya serupa (hijau tua)?" celetuk salah seorang pengunjung di kantin Pelabuhan ASDP Punggur Batam.

Truk yang mirip milik tentara ini tidak hanya ada satu unit. Tapi, ada beberapa unit yang beroperasi setiap hari. "Plat nya juga tu, mirip milik tentara. Apa iya bisa dipalsukan?" kata warga lainnya yang duduk satu meja.

Pantauan di lokasi, tidak seperti truk milik leveransir yang menjadi target pemeriksaan petugas Bea dan Cukai saat akan melintas menggunakan kapal RoRo. Truk yang mirip milik tentara ini tidak pernah mendapat pemeriksaan. Sopir hanya cukup ikut antian membeli tiket kendaraan dan orang. Selanjutnya 'legowo'.

"Dari TNI Pak?" ketika dipertanyakan kru BATAMTODAY.COM. "Bukan," jawab sopir truk mirip milik tentara itu pelan, sambil menggelengkan kepalanya.

Otoritas petugas yang bertanggung jawab dari berbagai instansi yang ada di pelabuhan ASDP Punggur tidak bersedia memberikan keterangannya, saat dikonfirmasi adanya kendaraan truk yang mirip milik tentara setiap hari melintas dengan muatan sembako itu.

Editor: Udin


BNN-KEPRI