LSM Jerman GIZ Puji Kinerja DPR dalam Berinteraksi dengan Publik
Oleh : Irawan
Kamis | 10-08-2017 | 12:38 WIB
hamzah_fahri.gif
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Selama ini kinerja DPR RI oleh LSM di Indonesia dinilai berkinerja buruk, namun LSM Jerman GIZ justruk sebaliknya mengapresiasi lembaga DPR. Karena itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengapresiasi tinggi penghargaan diberikan kepada LSM dari Jerman terhadap lembaga DPR.

Menurut Fahri, DPR perlu inovasi tidak hanya dalam kerja-kerja legislasi tapi juga bagaimana parlemen berinteraksi dengan publik.

"Kita tentu bangga jika DPR dinilai paling terbuka karena itu artinya salah satu indikator membaiknya demokrasi Indonesia, Alhamdulillah," kata Fahri dalam keterangannya, Kamis (10/8/2017).

Sebagai Ketua Tim Implementasi Reformasi dan Modernisasi DPR, Fahri menanggapi positif Koordinator Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Bernardo R. Agawin, sebuah lembaga swadaya dari Jerman, yang mengatakan DPR merupakan parlemen paling terbuka di antara negara Asia Tenggara (ASEAN).

Dalam studi yang dilakukan pemerintah Jerman, Bernard di DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu kemarin (9/8/2017) menyampaikan Parlemen Indonesia menempati urutan pertama kategori parlemen paling transparan di antara parlemen negara kawasan. Sebab, dalam praktiknya, parlemen Indonesia sangat terbuka kepada stakeholdersnya.

Keterlibatan publik dalam proses demokrasi disebut Fahri adalah salah satu target besar yang menjadi cita-cita Tim Reformasi DPR yang dipimpinnya.

"Meskipun diterpa banyak isu, Parlemen modern yang transparan dan memanfaatkan teknologi pada setiap prosesnya akan jadi legacy DPR periode ini," katanya.

Editor: Surya


BNN-KEPRI