Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Memasang Lampu LED di Mobil
Oleh : Redaksi
Sabtu | 05-08-2017 | 10:27 WIB
led-00.gif Honda-Batam
Mobil menggunakan lampu LED. (Toyota Astra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lampu Light Emitting Diode (LED), memang lebih irit dari sisi penggunaannya jika dibanding lampu Halogen ataupun High Intensity Discharge (HID), karena LED memiliki satuan daya yang lebih kecil dibandingkan dua jenis lampu tersebut. Sehingga tidak terlalu menyedot daya aki atau baterai terlalu banyak.

Namun Head Marketing CV Sampurna Part Niaga (Autovision), Dedy Kurniawan mengatakan, meski lebih irit, harus ada yang diperhatikan sebelum lampu LED disematkan.

"Sebelum memasang LED ini, pastikan kelistrikannya benar-benar stabil enggak ada kerusakan," ujarnya, seperti dikutip detikOto, beberapa waktu lalu.

Karena, lanjut Dedy menjelaskan, jika kelistrikan pada mobil tidak benar atau tidak stabil, lampu LED yang disematkan pada mobil, bisa langusung tidak berfungsi,

"Kalau LED itu biasanya dia butuh listrik yang stabil. Kalau tidak, enggak awet dia. Salah satunya itu yang bikin awet," ucapnya.

Bahkan bukan hanya membuat tidak awet, kelistrikan yang tidak stabil pada mobil, akan membuat LED dapat langsung tidak berfungsi, meski LED ini lebih awet dan irit dibanding lampu HID ataupun Halogen.

"Lebih awet dari halogen dan HID, betul karena long life time LED paling awet diantara dua lampu tadi (HID dan Halogen), yaitu sampai ke 42 ribu jam kalau LED yang bagus. Cuma ketika listriknya ga stabil LED itu bisa mati dia, karena sama seperti sifat gas halogen atau HID semua lampu itu butuh kelistrikan yang stabil," pungkas Dedy.

Sumber: detik.com
Editor: Gokli