Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggaran Kesehatan Perlu Ditingkatkan

Dinkes Lingga Akui Kekurangan Obat Akibat Lamanya Proses Lelang
Oleh : Nurjali
Rabu | 02-08-2017 | 15:50 WIB
resep-obat-yang-harus-ditebus-pasien1.gif Honda-Batam
Resep obat yang perlu ditebus pasien di Apotik. (Foto: Nurjali )

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga Syamsurizal mengatakan, penyebab kekosongan obat di beberapa rumah sakit di Dabosingkep dan Daiklingga karena proses lelang obat di e-katalog yang memakan waktu cukup lama.

"Lelang di e - katalog itu butuh waktu satu sampai dua bulan, kita juga harus menunggu proses lelang. Ini salah satu penghambat, makanya kita juga buka kerjasama dengan apotik, tapi masih terbatas kemampuan mereka," sebut Syamsurizal, Rabu (2/8/2017).

Selain itu menurutnya, kebutuhan obat tahun ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Namun Dinas Kesehatan menargetkan untuk tahun 2018 mendatang, stok obat di Rumah sakit dan puskesmas yang ada di Kabupaten lingga ini juga akan teratasi dan tidak ada masalah lagi.

"Tahun depan kita targetkan stok obat aman, karena obat ini kita stok untuk tahun ini dan tahun 2018," sebutnya.

Meskipun begitu menurut syamsurizal kebutuhan obat-obatan di Kabupaten Lingga masih kurang karena keterbatasan anggaran dari APBD akibatnya banyak tunggakan hutang ke pihak ketiga di tahun-tahun sebelumnya yang belum bisa dibayarkan.

"Kalau anggaran kita masih kekurangan, karena anggaran obat dan pelayanan kesehatan ini tidak sedikit, dan memang harus menjadi prioritas," sebutnya.

Editor: Yudha