Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendulang Rupiah jadi Pedagang Musiman
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 01-08-2017 | 16:38 WIB
penjual-bendera.gif Honda-Batam

PKP Developer

Penjual musiman pernak-pernik HUT Kemerdekaan RI (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak sedikit orang yang beralih profesi jadi pedagang musiman. Ya, bisnis musiman merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Pasalnya kategori bisnis ini tidak memandang penuh pasar yang dibidik, namun berdasarkan harga dan tingkat kebutuhan si pembeli.

Di Indonesia memiliki berbagai musim yang bisa dijadikan sasaran empuk untuk menjual berbagai aneka produk sesuai dengan musim yang sedang berlaku. Banyak sekali macam-macam bisnis musiman yang bisa dijalankan.

Seperti bisnis musiman yang ditentukan oleh faktor cuaca, bisnis musiman yang ditentukan oleh momen-momen penting tiap tahun, bisnis musiman yang ditentukan oleh musim buah yang siap panen, dan bisnis musiman ketika ada event-event tertentu. Dari bisnis musiman ini banyak sekali para pedagang yang mengantongi ratusan ribu bahkan jutaan rupiah per harinya.

Seperti Titan (20), misalnya. Ketika bulan Agustus datang ia behenti membuka usaha warnetnya. Namun tidak berhenti total, tapi ia banting setir bejualan bendera merah putih dan pernak-pernik 17 Agustus.

Inilah saatnya Titan berlomba meraup keuntungan sebanyak mungkin di bulan Kemerdekaan Indonesia. "Kalau hari biasa saya buka warnet. Mulai memasuki bulan Agustus saya jual pernak-pernik bendera merah putih," ujar Titan, Senin (01/08/2017).

Meskipun hanya berjualan selama 17-22 hari, namun keuntungan yang ia dapat, sangat menggiurkan dalam meningkatkan perekonomian keluarga.

"Ya, keuntungan sangat menggiurkan. Makanya kami sudah 5 tahun berjulan. Biasa bawa 4 karung tersisa 1 karung. Ya, omset dalam perayaan hari kemerdekaan tidak bisa ditentukan kentungan. Bisa mencapai Rp4-7 juta," ujarnya.

Titan menjual bendera merah putih dari paling murah seharga Rp10 ribu sampai Rp1,3 juta. Selain menjual bendera merah putih, ia juga menjual umbul-umbul dengan ukuran besar. Harga selembar bendera merah putih berukuran 1X80 m seharga Rp60 ribu, ukuran 1X50 m seharga Rp50 ribu.

"Kalau 17 Agustus, biasanya bendera yang kami jual itu habis, karena setiap warga Indonesia wajib membeli dan memasangnya. Tapi rezeki tidak bisa ditebak," pungkasnya.

Editor: Udin