Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pencanangan Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan

Nurdin Minta Dinas PU dan Dishub Perhatikan Keselamatan Berlalu Lintas
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 30-07-2017 | 16:33 WIB
pencangangan-nurdin1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Perhubungan (Dishu) untuk memberi perhatian besar pada masalah keselamatan berlalu lintas.

Kondisi jalan-jalan yang menjadi kewenangan provinsi harus dalam kondisi baik, termasuk juga dengan rambu-rambu lalu lintas.

"Dinas PU perhatikan supaya kondisi jalan tidak mengakibatkan penggunanya mengalami kecelakaan. Karena jalan yang kurang baik, bisa juga menjadi pemicu kecelakaan," kata Gubernur Nurdin saat Pencanangan Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan di Dataran Engku Putri, Batam, Minggu (30/7/2017) pagi.

Pencanangan itu mengambil tema 'Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan untuk Kemanusian'. Hadir pada kesempatan itu Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Didi Haryono, Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi, Ketua DPRD Batam Nuryanto dan klub-klup otomotif serta masyarakat Kepulauan Riau.

Meski memerintahkan jajarannya untuk memperhatikan kondisi jalan, rambu-rambu jakan dan kesigapan Dinas Kesehatan, Nurdin juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan keselamatan berlalu lintas. Dengan kesadaran masyarakat berlalu lintas dan disiplin dengan aturan yang ada, kecelakaan akan semakin minim.

"Keberhasilan pada program ini adalah hasil kerja kita bersama. Mari kita wujudkan Kepri selalu kondusif dalam segala aspek, termasuk berlalu lintas di jalan raya," kata Gubernur.

Kapolda Sam Budi menyebutkan, sewajarnya keselamatan lalu lintas menjadi skala prioritas. Kapolda juga mengajak masyarakat untuk bersa-sama berperak aktif menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

"Dengan meningkatkan keselamatan sama dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Kapolda.

Kapolda menyampaikan, data global WHO menyebutkan, Indonesia menempati peringkat lima sedunia fatalitas kecelakaan berlaku lintas. Itu setelah China, India, Nigeria dan Brasil yang angka kematian kecelakaan lalu lintasnya sangat tinggi.

Karena itu, kampanye keselamatan berlalu lintas harus diimplementasikan. "Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan. Keselamatan untuk Kemanusiaan," kata Kapolda.

Peresmian pencanangan ini ditandai dengan penekan sirine oleh Gubernur, Kapolda, Wakapolda, Wali Kota Batam, Kapolresta Barelang, Ketua DPRD Batam, Jasa Raharja dan diikuti oleh klakson klub-klub otomotif. Gubernur dan Kapolda juga ikut melihat mobil-mobil dari klub otomotif yang hadir di Engku Putri.

Editor: Surya