Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pisang Tak Baik untuk Menu Sarapan, Ini Alasannya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 29-07-2017 | 11:25 WIB
pisang-00.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi buah pisang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pisang adalah salah satu buah yang paling sehat, tapi tetap saja, ini bukan pilihan yang baik untuk sarapan pagi. Makan pisang dengan perut kosong mungkin tidak sehat.

Dilansir Boldsky, Kamis (27/7/2017), walau pisang tampaknya menjadi pilihan sarapan termudah yang dapat meningkatkan tingkat energi, buah ini juga memiliki kekurangan.

Pisang kaya serat, potasium dan magnesium yang sehat, tapi ada beberapa alasan untuk menghindarinya saat sarapan dan sebaiknya dikonsumsi pada waktu lain.

Berikut alasan mengapa pisang tak baik untuk sarapan pagi :

1. Gula

Mengapa pisang bukan pilihan sarapan yang baik? Pisang kaya serat dan mengandung gula yang tinggi. Mengonsumsi pisang, bisa membuat kadar gula meningkat.Tentu saja, gula pada pisang adalah gula alami tapi tetap saja, lonjakan kadar gula darah tidak aman.

2. Kombinasi makanan

Jika Anda mengonsumsi pisang bersama dengan makanan lain yang mengandung lemak sehat, maka secara relatif lebih aman sebagai sarapan untuk pilihan.

3. Mengantuk

Jika hanya mengonsumsi pisang untuk sarapan, Anda mungkin merasa lesu dan mengantuk setelah beberapa saat. Anda akan merasa kenyang sebentar.

4. Bisakah dimakan dengan perut kosong?

Pakar kesehatan mengatakan bahwa pisang sedikit asam dan gulanya hampir 25%. Karena itu, pada saat perut kosong, pisang bukanlah makanan yang bagus.

5. Fermentasi

Apa masalahnya dengan gula? Gula perlu diolah di tubuh. Gula umumnya difermentasi dan dalam proses itu bisa berubah asam. Bahkan sistem pencernaan pun bisa terpengaruh.

6. Makan dengan yoghurt

Apakah masih ada cara untuk makan pisang di pagi hari? Ya, tambahkan ke semangkuk yoghurt, atau konsumsi dengan selai kacang sebanyak satu sendok. Hal ini bisa mengurangi kadar asam dan juga mencegah fluktuasi kadar gula darah.

Sumber: Bisnis.com
Editor: Gokli