Dalam 3 Hari sudah 3000 Pelamar

Meski Lowongan Tutup, Kawasan Latrade Masih Diserbu Pencaker
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 27-07-2017 | 19:26 WIB
meski-sudah-tutup-pencaker-masih-jatuhkan-lamaran.gif
Meski sudah tutup, namun para pencari kerja di Batam masih saja memberikan lamaran kerjanya ke PT Rainbow Tubulars Manufactrure di dalam kawasan Industri Latrade, Tanjunguncang (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lowongan kerja yang dibuka oleh PT Rainbow Tubulars Manufactrure di dalam kawasan Industri Latrade, Tanjunguncang, masih menarik perhatian pencari kerja (pencaker). Ratusan pencaker terus berdatangan ke lokasi perusahaan itu hingga, Kamis (27/7/2017) siang. Mereka satu persatu datang memasukkan lamaran sebagai tenaga kerja di perusahaan pipa itu.

Meskipun manajemen perusahaan menginformasikan jika lowongan telah ditutup sejak Senin (25/7/2017) lalu, namun para pencaker yang umumnya kaum pria itu tetap ngotot untuk menitipkan lamaran mereka.

"Iya pak, memang sudah tutup. Tapi informasi yang kami dapat ada gelombang kedua (penerimaan lamaran). Makanya lamaran kami ini kami titip saja pak untuk gelombang kedua nanti," ujar Darma, seorang pencaker kepada petugas di gerbang perusahaan.



Dalam informasi lowongan kerja itu, kata Darma, posisi yang dibutuhkan oleh PT Raibow di antaranya Welder, Foreman Welder, Supervisor Welder, Fitter, Foreman Fitter, Paiping/ Fitter Pipe Spool, Foreman Paiping, QC, Supervisor QC, SHE, CNC, Buck On, Operator Crane, Helper dan juga penjaga gudang.

"Banyak memang posisinya, makanya ini bisa jadi harapan saya untuk dapat kerja," ujarnya.

Darma sendiri mengaku sudah cukup berpengelaman di bidang Paiping. Itu karena sebelumnya dia pernah bekerja di perusahaan pipa yang ada di kawasan Kabil, Nongsa. Namun karena ada pengurangan karyawan, sudah hampir setahun ini dia nganggur. "Basic saya memang di paiping, jadi saya lamar untuk posisi paiping di sini," ujarnya.

Harapan Darma dan ratusan pelamar lainnya itu masih belum ada kepastian. Itu karena sejak hari pertama lowongan kerja dibuka, Senin (24/7/2017) lalu, berkas lamaran yang masuk sudah cukup banyak mencapai 3000 berkas. Sementara untuk lowongan kerja itu, perusahaan diinformasikan hanya menerima 400 pekerja saja.

"Memang cukup banyak yang lamar. Hari Senin dan Selasa sudah dua ribu lebih. Tambahan hari Rabu kemarin dan hari Kamis sekarang sudah 3000 berkas lamaran yang masuk. Itu belum termasuk yang lamar lewat email. Jadi memang lebih banyak yang ditolak daripada yang diterima nantinya," ujar Fernandes, petugas di gerbang perusahan.

Fernandes mengatakan, masih ada gelombang kedua. Namun kapan akan dibuka, dia tidak mengetahui persis. Karena manajemen perusahaan masih menyeleksi dan mempertimbangkan berkas lamaran yang sudah masuk tersebut.

"Untuk sementara fokus ke lamaran yang sudah masuk ini dulu. Kalau memang masih membutuhkan akan dibuka lagi," ujar Fernandes.

Editor: Udin


BNN-KEPRI