Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rp 136 M Dana Desa di Kepri Telah Disalurkan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 27-07-2017 | 16:50 WIB
dana-desa1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Dana Desa. (Foto: RiauSky)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Negara Provinsi Kepri Heru Pudyo Nugroho mengatakan, Dana Desa yang telah disalurkan di seluruh Kepri sudah 60 persen sebesar Rp 136.91 miliar.

"Dari Rp 228,18 miliar pagu dana Desa yang dialokasikan APBN ke 275 Desa di Kepri, pada Tahap Pertama Januari-Agustus 2017, pemerintah pusat telah mencairkan Rp 136.91 miliar," kata Heru kemarin.

Dijelaskan, sistem penyaluran Dana Desa sesuai regulasi dilakukan dari kas negara ke kas daerah. Selanjutnya di transfer ke rekening masing-masing Desa.

"Berdasarkan hasil evaluasi rata-rata sudah bagus. Persentase penyaluran sama dengan nasional dan ini akan terus kita evalausi," ujarnya.

Sementara untuk kesiapan penyaluran tahap II tergantung dari progres pelaksanaan serta laporan dari masing-masing Desa dengan ketentuaan 50 persen laporan pelaksanaan kegiatan pada Tahap I sudah harus selesai.

"Untuk di Kepri sendiri, yang tersisa hanya Kabupaten Karimun yang penyaluran dananya agak terlambat. Mudah-mudahan hal itu juga sudah dapat ditangani," ujarnya.

Laporan progres pertanggungjawaban penggunaan, Tambah Pudyo, akan dievaluasi Sekda masing-masing. Desa yang menerima membuat laporan pelaksanaan ke Sekretariat Kabupaten masing-masing.

Editor: Yudha