Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hanya 3 Sekolah Negeri di Batam Terapkan Full Day School
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 27-07-2017 | 12:52 WIB
muslim-bidin15.gif Honda-Batam

PKP Developer

Kadisdik Batam, Muslim Bidin. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin mengatakan, program full day school di Kota Batam tahun ajaran 2016/2017 hanya diikuti oleh tiga sekolah negeri tingkat SD dan SMP akibat membludaknya siswa baru.

"Tahun ajaran ini yang memberlakukan full day scholl hanya SDN 06 Sekupang, SMPN 6 Seipanas dan SMPN 26 Batuaji. Sekolah-sekolah ini sudah dinyatakan siap," kata Muslim, Kamis (27/7/2017).

Menurutnya, banyak kendala yang harus di hadapi sekolah dalam menerapkan full day school yakni banyaknya siswa baru dan masih banyaknya sekolah yang menerapkan double shif. Padahal proses belajar mengajar berdasarkan Peraturan Mendikbud nomor 23 tahun 2017 selama delapan jam, dari pukul 07.00-15.00 Wib.

"Full day school itu delapan jam proses belajar mengajar, sementara banyak sekolah yang masih menerapkan dabel shif. Itu karena kekurangan kelas dan tidak berbanding dengan jumlah siswa," ujarnya.

Selain itu menurutnya, kesiapan guru juga harus di perhitungkan dalam menerapkan full day school. Saat ini Batam masih banyak kekurangan guru pengajar.

"Semua harus betul-betul matang dari infrastruktur sampai kesiapan orang tua. Karena selama proses belajar 8 jam kesiapan makan siang siswa harus di jaga. Tanpa terkecuali sekolah harus menyiapkan kantin sesuai standar operasi," pungkasnya.

Editor: Yudha