Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 5 Kebiasaan yang Salah Ketika Bagun Tidur di Pagi Hari
Oleh : Redaksi
Rabu | 26-07-2017 | 10:49 WIB
bagun-tidur-01.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi bagun tidur di pagi hari. (Thinkstock)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah beristirahat selama beberapa jam di malam hari, tubuh perlu menyesuaikan diri saat bangun tidur. Hal pertama yang harus dilakukan adalah buka mata, sedikit peregangan dengan ngulet di atas alas tidur, duduk dan diam sejenak, barulah bangkitkan tubuh untuk minum air putih.

Namun ada juga orang yang ketika bangun tidur langsung beraktivitas, misalnya melangkah ke kamar mandi atau berolahraga. Mengutip Boldsky, ada beberapa kebiasaan yang salah ketika bangun tidur. Berikut ini rinciannya.

1. Berolahraga

Begitu bangun dari tempat tidur, tanpa ba-bi-bu Anda langsung menggerakkan tubuh dengan ekstrem. Bukannya bikin sehat, tubuh Anda justru kaget dengan gerakan yang tiba-tiba. Setelah bangun tidur, dianjurkan berbaring sejenak di tempat tidur untuk meregangkan otot tubuh. Peregangan membantu otot rileks.

2. Melewatkan sarapan

Sarapan pagi itu penting, bahkan yang terpenting dalam sehari. Melewatkan makan pagi membuat Anda kekurangan asupan energi sepanjang hari. Saat sarapan, santap makanan yang mengandung protein karena membantu mempertahankan massa otot.

3. Melewatkan minum

Begitu bangun dari tempat tidur, Anda perlu segera minum. Air diperlukan untuk mengeluarkan racun dan membersihkan hati.

4. Minum kopi

Menurut penelitian, tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah tinggi pada pukul 08.00-09.00. Minum kopi pada waktu tersebut akan memaksa tubuh menghasilkan lebih banyak hormon kortisol di pagi hari. Hormon ini membantu Anda tetap aktif dan berenergi sepanjang hari, tapi memicu kelelahan yang sangat pada malam harinya.

5. Bersiap dalam gelap

Tubuh sangat sensitif terhadap cahaya. Karena itu, bersiap-siap dalam gelap akan mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa ini masih malam hari. Kondisi itu akan membuat Anda merasa tidak semangat sepanjang hari.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli