Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Solusi Ampuh Agar Tidak Lagi Tidur Mendengkur
Oleh : Redaksi
Selasa | 25-07-2017 | 12:26 WIB
mendengkur1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Beberapa hal buruk yang bisa terjadi karena kebiasaan mendengkur berada dalam skala ringan hingga berat. Mulai dari kesulitan bernapas, sering terbangun dari tidur tanpa disadari, dan juga masalah pada jantung karena kualitas tidur yang buruk bisa menaikan tekanan darah Anda yang berbahaya pada jantung.

 

1. Ubah Postur Tidur
Tidur telentang akan menyebabkan daging tenggorokan Anda rileks dan ini bisa menghalangi jalan napas dengan menyebabkan suara bergetar saat tidur. Cobalah untuk mengubah posisi tidur Anda ke posisi yang satu di mana Anda tidak mendengkur. (baca:Penelitian: Tanaman Torbangun Berkhasiat Obati Diabetes)

2. Jaga ketinggian bantal
Memeluk bantal bisa mencegah dengkuran, karena Anda tidak akan ditempatkan dalam satu posisi dan tidur miring akan membuat Anda membungkus lengan di sekitar bantal.

Jika itu tidak membantu, Anda bisa mencoba trik lain dengan mengangkat kepala tempat tidur Anda dengan meletakkan beberapa papan datar di bawah kaki yang berada di ujung atas tempat tidur.

Ini bisa membuka saluran hidung dan bisa mencegah mendengkur. Mengangkat kepala Anda bisa membuka saluran napas dan akan membuat pernapasan Anda lebih mudah.

Anda bahkan bisa membeli bantal yang tebal atau mencoba untuk mendapatkan beberapa bantal.

3. Mengurangi berat badan
Mendengkur adalah suara turbulensi udara yang terjadi di bagian belakang tenggorokan yang disebabkan oleh penyempitan jalan nafas. Ini jelas merupakan tanda gangguan tidur yang disebabkan jika seseorang kelebihan berat badan.

Turbulensi udara yang terjadi di tenggorokan oleh lonjakan jalan napas disebabkan oleh lemak leher. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan dengkuran. Berat badan akan berkurang dengan mendengkur Anda. (baca:Mengaku Pernah Bullying, Apa Efeknya bagi Siswi SMA Ini?)

Jika Anda kelebihan berat badan, maka seluruh tubuh Anda memakai pon, yang juga termasuk leher Anda (tenggorokan). Ini menghalangi jalan nafas Anda sehingga menyebabkan Anda mendengkur.

4. Olahraga
Olahraga untuk lidah dan mulut adalah hal lain yang bisa dilakukan. Olahraga ini bisa mengencangkan otot lidah Anda sekaligus mengurangi kebiasaan mendengkur Anda secara bertahap.

5. Bersihkan hidung Anda
Usahakan agar saluran hidung Anda tetap bersih, sehingga memungkinkan Anda bernafas melalui hidung dan bukan mulut Anda. Jika alergi menghalangi hidung Anda, Anda bisa memilih tablet antihistamin atau membeli semprotan hidung. Untuk menurunkan kondisi ini, pastikan untuk mengurangi alergen kamar tidur (debu atau hewan peliharaan, debu, lantai dan tirai kotor), sehingga bisa meredakan sesak napas. Ganti seprai dan sarung bantal setidaknya sekali dalam dua hari.(baca:8 Pemicu Stres Terkait Masalah Pekerjaan)

6. Bahan Alami
Kapulaga dipercaya bisa mengurangi efek mendengkur. Kapulaga adalah dekongestan yang efektif untuk membuka saluran hidung yang tersumbat. Begitu juga kunyit memiliki khasiat antibiotik dan antiseptik yang akan membantu mengurangi dengkuran. Ambil 2 sendok makan dari kunyit dan campurkan dalam satu cangkir susu. Minum ini setiap hari akan membantu Anda untuk merawat mendengkur. Cobalah meminumnya setiap malam sebelum tidur.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha