Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mahasiswa FST UNAIR Olah Biji Alpukat dan Kulit Udang jadi Bioplastik
Oleh : Redaksi
Selasa | 25-07-2017 | 09:26 WIB
mahasiswa-UNAIR-01.gif Honda-Batam

PKP Developer

TIM peneliti ketika melakukan penelitian dan uji coba di Lab FST UNAIR. (Foto: Dok PKMPE FST)

BATAMTODAY.COM, Surabaya - Mahasiswa jurusan kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga mengolah limbah biji alpukat dan limbah kulit udang menjadi bioplastik sebagai pengganti plastik yang ramah terhadap lingkungan.

Lima orang mahasiswa yang mensintesis bioplastik ramah lingkungan itu adalah Nurlailiatul Machmudah, Fitria Pebriani, Adi Rachmadji, Tri Susanti, dan Dimas Noor Asyari.

Nurlailiatul Machmudah, ketua tim peneliti ini menjelaskan, dipilihnya inovasi ini karena penggunaan perkakas yang terbuat dari plastik, terutama tas, sudah semakin menggila. Bahkan, Environment Protection Body, sebuah lembaga lingkungan hidup di Amerika Serikat mencatat, setiap tahun sekitar 500 miliar sampai 1 triliun tas plastik digunakan di seluruh dunia.

"Inilah ancaman terhadap lingkungan hidup, sebab plastik merupakan material yang sulit dihancurkan oleh organisme. Untuk bisa lebur dan terurai dalam tanah, sampah plastik butuh waktu antara 200 sampai 1.000 tahun," katanya.

Kemudian, dewasa ini telah ditemukan beberapa macam plastik biodegradable antara lain, polihidroksi alkanoat (PHA), poli e-kaprolakton (PCL), poli butilen suksinat (PBS) dan poli asam laktat (PLA). Namun kebanyakan bahan baku plastik biodegradable itu masih menggunakan sumber daya alam yang tidak diperbaharui (non-renewable resources) dan tidak hemat energi.

Hasil penelitian yang menarik ini kemudian dituangkan dalam proposal Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE). Setelah melalui seleksi Dikti, proposal "Bioplastik Mbah Kilat (Limbah Kulit Udang Dan Biji Alpukat)" ini lolos untuk mendapatkan dana penelitian dalam program PKM Kemenristekdikti tahun 2016-2017.

Ditambahkan Nurlailiatul, penelitian ini menekankan pada penggunaan limbah yang pemanfaatannya kurang maksimal, antara lain limbah biji alpukat dan limbah kulit udang untuk dibuat sebagai bioplastik ramah lingkungan dan aman untuk digunakan. Bioplastik hasil sintesis ini dinamai bioplastik "Mbah Kilat" (limbah kulit udang dan biji alpukat).

Jadi, bioplastik "Mbah Kilat" ini dibuat dari bahan dasar kitosan kulit udang dan pati (tepung) limbah biji alpukat. Pada biji alpukat itu terdapat banyak kandungan pati yang bisa dijadikan komponen plastik, sehingga plastik mudah didegradasi oleh mikroorganisme.

Sedangkan pada limbah kulit udang mengandung kitin yang bisa ditransformasi menjadi kitosan sebagai penguat karakter polimer plastik. Untuk menambah karakteristik plastik, maka ditambahkan zat pemlastis atau plastisizer sorbitol.

"Dengan hadirnya bioplastik 'Mbah Kilat' ini kami berharap dapat menjadi alternatif plastik pengganti plastik komersial yang aman digunakan, mudah terurai, dan dapat digunakan sebagai solusi mengoptimalisasi pemanfataan limbah," kata Nurlaili, panggilan akrab mahasiswa S1 FST UNAIR ini.

Sumber: unair.ac.id
Editor: Gokli