Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lahan Kosong di Bintan akan Ditanami Jengkol dan Petai
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 24-07-2017 | 19:50 WIB
Dinas-Pangan-Kepri-dan-Gubernur-di-Wacopek-Bintan.gif Honda-Batam
Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Kepri, Ahmad Izhar dan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat memberikan bantuan kepada petani di Wacopek, Kecamatan Bintan Timur beberapa waktu lalu (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Salah satu kelompok tani di Bintan akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Kepri, untuk menam benih jengkol dan petai.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Kepri, Ahmad Izhar, kepada BATAMTODAY.COM mengatakan bahwa pihaknya sedang menerjunkan stafnya untuk mensurvei lokasi atau lahan yang akan dijadikan kebun untuk ditanami jengkol dan petai.

"Kita masih survei lokasi, daerah mana yang cocok atau kelompok tani mana yang bakalan mendapat bantuan ini," beber Izhar, Senin (24/7/2017).

Bantuan ini, kata Izhar, merupakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk dua daerah di Kepri dengan tanaman yang sama, yakni Bintan dan Lingga. Kemungkinan petai akan dikembangkan di Lingga dan jengkol untuk di Bintan.

"Ini merupakan anggaran dari Pusat untuk dua daerah, yakni Lingga dan Bintan. Semua sudah kita rekap perencanaannya," sebut Izhar.

Dengan adanya bantuan ini, Izhar berharap dapat meningkatkan perekomonian para petani yang ada di daerah. Selain itu lahan-lahan tidur juga dapat dimanfaatkan oleh petani.

"Biar tidak ada lagi lahan-lahan tidur, kita manfaatkan semua untuk pentani kita, dengan begini saya berharap perokonomian masyarakat juga bisa meningkat," harap Izhar.

Editor: Udin