Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun ke-4, SMAN 19 Sagulung Masih Numpang di Sekolah Lain
Oleh : Yosri Nofriadi
Rabu | 19-07-2017 | 18:05 WIB
SMAN-9-sagulung-Batam.gif Honda-Batam
Pembangunan gedung Sekolah SMA Negeri 19 Batam ini sudah 4 tahun tak kunjung selesai (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODY.COM, Batam - Sekolah SMA Negeri 19 Batam yang berada di Kecamatan Sagulung masih menerapkan sistem belajar numpang di gedung sekolah lain.

Sejak angkatan pertama sekolah tersebut, sudah dua kali pindah gedung sekolah. Mulanya sekolah tersebut numpang di gedung SMPN 38 Tanjunguncang selama dua tahun dan terakhir dan di gedung SDN 021 Sagulung hingga saat ini.

Sampai tahun ajaran 2017/2018 sekarang ini, SMAN 19 itu sudah memasuki tahun ajaran keempat yang numpang belajar di gedung sekolah lain. Siswa angkatan pertama di sekolah tersebut bahkan tamat tanpa belajar di gedung sekolah sendiri.

Itu karena pembangunan gedung SMAN 19 yang dibangun di belakang komplek perumahan dan ruko Tunas Regency sempat terbengkalai selama tiga tahun.

Proses pembangunan oleh Dinas Tata Kota Batam waktu itu, hanya sebatas membangun pondasi dan mendirikan tiang utama bangunan. Belakangan, pembangunan sudah kembali dilanjutkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

Pantauan di lapangan, kelanjutan pembangunan gedung SMAN 19 sudah berjalan sekitar 50 persen. Dua gedung utama yang dirancang untuk bangunan dua lantai sudah berdiri kokoh. Kelanjutan pembangunan yang sudah berjalan selama dua bulan belakangan ini sudah mulai menaikkan batako sebagai dinding bangunan sekolah. Ruang-ruang penyekat sebagai ruangan kelas sekolah sudah mulai dibentuk.



"Untuk tahap awal ini kami bangun lantai bawah dulu. Kalau lantai atas katanya nanti tahap berikutnya," ujar Hadi, salah seorang pekerja, Rabu (19/7/2017)

Sesuai jadwal yang disepakati, kata Hadi, pengerjaan gedung SMAN 19 itu akan rampung pada akhir tahun ini. "Targetnya bulan Desember tahun ini. Karena katanya awal tahun sudah mau dipakai gedung ini," ujarnya.

Editor: Udin