Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalin Kemitraan dengan Alaumni

Sekolah di SMKN 3 Tanjungpinang, Lulus Langsung Dapat Kerja
Oleh : Habibie Khasim
Sabtu | 15-07-2017 | 17:14 WIB
Kepala-SMK--3-TPI,-Jumadi.gif Honda-Batam

PKP Developer

Kepala SMK Negeri 3 Tanjungpinang, Jumadi (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Tanjungpinang, Jumadi, mengaku sangat optimis bahwa siswa tidak rugi masuk ke SMK yang dipimpinnya.

Menurutnya, sekolah di SMK sudah menjadi rahasia umum lagi setiap pelajar mampu mandiri dan mudah mendapatkan pekerjaan.

Khususnya di SMKN 3, kata Jumadi, banyak pembaharuan yang telah dilakukan, termasuk bekerja sama dengan alumni untuk memudahkan siswa mencari kerja.

"SMK bukan sekolah biasa. Siswa memang diberikan bekal untuk berkreativitas, agar mampu menjawab tantangan ke depan," tutur Jumadi saat ditemui di sekolahnya, Kampung Bulang, Tanjungpinang, Sabtu (15/7/2017).

Jumadi mengatakan, siswa yang bersekolah di SMK, khususnya SMKN 3, tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, selain mereka dapat mandiri, pihak sekolah juga turut membantu dengan menjalin kemitraan bersama alumni.

"Jadi, alumni kita minta mendaftarkan diri mereka di website sekolah, lengkap termasuk nomer HP. Jadi nanti satu-satu kita hubungi untuk meminta bantuan. Bagi yang sudah sukses, kita harapkan peran mereka untuk membantu adik-adik mereka mendapatkan pekerjaan," kata Jumadi.

Jumadi mengaku, bahwa upaya pihak sekolah tersebut telah berhasil. Bukan hanya menjadi tempat mengadu dalam mencari pekerjaan, alumni juga menyediakan tempat untuk siswa melakukan praktik kerja lapangan (PKL).

Di SMK Negeri 3 sendiri telah banyak melakukan perubahan, mulai dari jurusan yang ada, hingga unit produksi yang semakin berkembang. Jumadi mengharapkan, ke depan SMK Negeri 3 semakin berkembang dan benar-benar menjadi ikon SMK yang berhasil di Indonesia.

Editor: Udin