Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Tomat dan Cabai Merah Melambung Tinggi
Oleh : Gokli/Dodo
Rabu | 09-11-2011 | 12:42 WIB

BATAM, batamtoday - Pascahari raya Idul Adha, harga beberapa kebutuhan pokok masih melambung tinggi sejumlah pasar tradisional di Batam.

Dua jenis sayuran tercatat dalam pantauan batamtoday di Pasar Aviari pada Rabu (9/11/2011) masih berada di harga yang tinggi yakni tomat dan cabai merah.

Harga tomat di pasar tersebut mengalami peningkatan Rp4 ribu per kilogram, dimana pada saat ini harganya mencapai Rp12 ribu dari harga sebelumnya Rp8 ribu. Sementara harga cabai merah mengalami peningkatan Rp10 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp30 ribu sekarang menjadi Rp40 ribu.

"Harga yang paling melambung tomat sama cabai merah mas, yang lain masih normal," ungkap Sarman, salah seorang penjual kebutuhan pokok di Pasar Aviari, Batuaji.

Melambungnya harga tomat dan cabai merah ini, kata Sarman berpengaruh terhadap penghasilannya, dimana sekarang ini para pelanggan menjadi sepi. Padahal, stok tomat dan cabai yang dia miliki masih cukup.

"Stoknya masih ada mas, tapi pelanggan yang berkurang. Sementara tomat dan cabai merah kalau kita tahan lama-lama otomatis menjadi busuk, saya pasti rugi," papar Sarman.

Selain itu, Rusman penjual lainnya juga mengatakan dengan kenaikan harga ini pembeli menjadi sepi. 

"Selain mudah membusuk, tomat dan cabai merah ini susah saya dapat, lantaran didatangkan dari Pulau Jawa," ujar Rusman.

Di sela-sela keramaian pasar, salah seorang pembeli, Rosmianti (35) warga Perumahan Griya Pratama Batuaji menyebutkan, karena mahalnya tomat dan cabai merah saat ini, dia terpaksa harus mengganti menu masakannya dari yang ekstra pedas menjadi asam manis.

"Karena tomat dan cabai merah mahal, Saya terpaksa mengubah selera masak di rumah dari yang pedas menjadi asam manis," terang Rosmianti asal Medan.

Sementara untuk dua jenis komoditas pedas lainnya, yakni cabai hijau dan cabai rawit masih bertahan di kisaran harga Rp28 ribu per kilogram.