Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mahasiswa UGM Ciptakan Polybag Ramah Lingkungan
Oleh : Redaksi
Minggu | 02-07-2017 | 20:00 WIB
polybag1.gif Honda-Batam
Polybag ramah lingkungan yang diciptakan mahasiswa UGM yang digunakan sebagai media tanam

BATAMTODAY.COM, Jogyakarta - Media tanam menggunakan polybag berbahan dasar plastik kerap dipakai dan kadangkala terbuang menjadi tumpukan limbah plastik yang sulit terurai. Namun inovasi dari mahasiswa menawarkan polybag berbahan dasar ramah lingkungan.

Inovasi itu digagas oleh empat mahasiswa asal Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Mereka antara lain Alfian Dwi Cahyo, Ika Mediyahati, Najieh Safier Ibrahim, dan Bayu Prasetio. Mereka mengganti polybag berbahan plastik itu dengan bahan organik.

Polybag ramah lingkungan itu bernama Polytube Bagormaling. Berbeda dengan sebelumnya, produk ini terbuat dari serabut kelapa yang ditempatkan dalam kerangka polytube dari alumunium.

"Kelebihan dari produk ini yaitu wadah yang dapat langsung ditanam di dalam tanah dan dapat menambah bahan organik pada tanah," jelas Alfian seperti dilansir dari laman UGM.

Pasalnya, polybag berbahan dasar serabut kelapa tersebut mampu menunjang pertumbuhan tanaman dan bisa dijadikan kompos. "Dari segi artistik produk ini juga bisa untuk dijadikan tanaman hias dan digantung di rumah," tambahnya.

Demi membuat dampak yang lebih besar, para mahasiswa ini berharap produk polybag ramah lingkungannya bisa diproduksi masal sehingga mampu menekan produksi limbah plastik hitam.

"Saat ini kami sedang mencari badan atau instansi yang mau bermitra dengan kami untuk memproduksi secara massal," tandasnya.

Sumber: Okezone.com
Editor: Surya