Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akankah Sektor Industri Batam Kembali Menggeliat Paska Lebaran?
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 29-06-2017 | 13:02 WIB
lowongan-sumitomo5161.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Antrean pelamar kerja di sebuah perusahaan di Kawasan Industri Batamindo Batam beberapa waktu lalu. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTOMDAY.COM, Batam - Besar harapan dan asa dari masyarakat dunia industri akan bersinar kembali paska lebaran. Perekonomian kembali menggeliat dan banyak lowongan kerja. Akankah demikian?

Pantauan BATAMTODAY.COM di Kawasan Industrial Park (BIP) Mukakuning pada Kamis (29/6/2017) masih sepi. Pasalnya banyak perusahaan yang masih memberikan libur bersama kepada karyawan. Hanya beberapa pengojek yang tampak berkeliling mencari penumpang.

Papan pengumuman lowongan kerja juga banyak yang kosong. Hanya lima kertas terpajang di sana. Salah satunya lowongan kerja PT Intricon, Jalan Beringin Lot 202. Perusahaan tersebut membuka lowongan kerja untuk wanita berumur 19-25 tahun pada Senin (3/7/2017) mendatang.

"Sepi hari ini, lowongan yang buka hanya untuk hari Senin," ujar Hendra salah satu pencaker yang ditemui di Batamindo.

Sementara Teti Marpaung (26) mengaku sudah lama menganggur banyak kawan satu kosannya yang pulang kampung dan berencana tidak kembali lagi ke Batam karena susahnya mencari pekerjaan.

"Dua orang sudah pulang ke Padang. Satu lagi balik ke Medan. Sudah satu tahun juga mereka menganggur," ujar warga Batuaji yang sudah delapan bulan tidak bekerja itu.

Dia berharap, usai lebaran ini kondisi industri di Batam membaik dan banyak lowongan kerja yang dibuka. Namun dia juga sadar, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Batam akan dibanjiri pencaker yang baru tamat sekolah dari berbagai daerah.

Editor: Yudha