Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

OnePlus Ejek Desain iPhone 7 Tanpa Port Audio Jack 3.5mm
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 23-06-2017 | 08:50 WIB
produk_yang_diejek.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi OnePlus (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Vendor ponsel cerdas asal China OnePlus mengejek desain iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang membuang headphone jack 3.5 mm di perangkatnya tersebut.

Ejekan tersebut dilontarkan dalam presentasi produk terbaru mereka yaitu OnePlus 5. Namun sindiran yang dibuat eksekutif OnePlus itu tak menyebut kata Apple atau iPhone.

"Di bawah, kalian akan lihat kami membuang lubang headphone 3,5mm," ucap desainer OnePlus Diego Heinz deseperti diwartakan oleh BGR, Rabu (21/6).

Sindiran dari Heinz berlanjut dengan menyebut desain ponsel mereka terlihat lebih elegan tanpa lubang audio 3,5mm. Menurutnya fungsi lubang itu bisa digantikan oleh Bluetooth yang ada tiap ponsel.

Ucapan Heinz ini adalah sindiran keras kepada Apple. Sebab seperti diketahui, OnePlus 5 masih memiliki lubang audio 3,5mm.

"Tentu saja itu cuma lelucon, OnePlus 5 punya port headphone jack 3.5mm kok," imbuh Heinz.

Namun kritik OnePlus terhadap Apple yang membuang lubang audio 3,5mm nampak seperti bumerang bagi nama baik mereka. Pasalnya desain OnePlus 5 terlihat begitu mirip dengan iPhone 7.

Tuduhan itu tampak nyata dari desain bodi belakang OnePlus 5 yang menyerupai punggung iPhone 7 Plus, terutama di bagian kamera belakangnya. Penempatan kamera ganda OnePlus berada di pojok kiri yang disusun secara horizontal.

Bila dibandingkan secara bersisian, akan terlihat bagaimana penempatan kamera itu sangat mirip dengan iPhone 7. Sehingga tak berlebihan bila mengatakan OnePlus meniru desain iPhone.

Padahal dalam satu kesempatan, OnePlus pernah menyatakan berusaha menghindari membuat desain yang serupa iPhone. Namun OnePlus 5 justru memperlihatkan sebaliknya.

Sebagai ponsel flagship, OnePlus 5 berupaya berkompetisi dengan produk flagship lainnya seperti iPhone 7, Samsung Galaxy S8, hingga LG G6. Desain yang menyerupai iPhone ditengarai sebagai cara OnePlus merebut konsumen baru, selain dengan menawarkan harga terjangkau untuk ponsel berspesifikasi premium.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Dardani