Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BNN Kepri Tes Urine Kru Pesawat dan Kapal
Oleh : Hadli
Selasa | 20-06-2017 | 15:14 WIB
test-urine-pilot1.gif Honda-Batam
Test urine terhadap pilot di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Narkotika Nasional Kepri bersama jajaran melaksanakan tes urin serentak kepada kru pesawat dan awak kapal guna memastikan tidak ada yang menggunakan alkohol atau narkoba saat melayani penerbangan Mudik Idul Fitri 1438 Hijriyah.

 

"Selain di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, kegiatan ini juga dilaksanakan di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Pelabuhan Sekupang Batam, Sri Binan Pura Tanjungpinang, dan Pelabuhan Karimun," kata Kepala BNN Kepri, Nixon Manurung di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Selasa (20/06/2017).

Dijelaskan, untuk keseluruham wikayah Kepri, BNN mengambil 400 sampel. Dengan rincian, Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan diambil 100 sampel, Pelabuhan Sekupang Batam 100 sampel, Pelabuhan Sri Bintan Pura dan Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang 100 sampel, dan Pelabuhan Karimun 100 sampel.

"Hingga saat ini kegiatan masih berlangsung. Untuk di Hang Nadim semua masih dinyatakan negatif," kata dia.

Kabid Berantas BNN Kepri, Bubung Pramiadi mengatakan, proses pengambilan sampel di Bandara Internasional Hang Nadim Batam dibagi menjadi lima tim.

"Tes didampingi langsung petugas Avsek Bandara, dan Kepolisian Kawasan Bandara. Jadi tes dilakukan kepada kaptrn dan kru ketika pesawat baru mendarat," terang dia.

Bila ada yang terindikasi positif, yang bersangkutan akan kangsung diamankan guna pengambangan di Kantor BNN Kepri.

"Kalau pengguna ringan akan menjalani asesmen untuk mengrtahui keterlibatannya dan tetap akan di rehab. Kalau tingkat kecanduannya ringan akan di rawat jalan. Namun jika ketergantungannya berat akan dimasukkan lokasi rehabilitasi BNN di Nongsa hingga bebas dari ketergantungan," kata Bubung.

Sementara itu, General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso menyambut baik kegiatan tersebut sehingga seluruh penerbangan bisa aman.

"Kemenhub menekankan pada keselamatan penumpang. Jadi semua harus mematuhinya. Jangan sampai terjadi eksiden saat Mudik tahun ini," terang dia.

Editor: Yudha