Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Delapan Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan
Oleh : Redaksi
Selasa | 20-06-2017 | 13:05 WIB
minyak-kelapa1.gif Honda-Batam
Minyak Kepala. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Minyak kelapa dikenal sebagai bahan untuk memasak. Manfaat seperti ini banyak digunakan di dapur-dapur rumah Asia. Padahal, minyak kelapa punya banyak manfaat dari segi kesehatan dan kecantikan.

Dari kesehatan, minyak kelapa dapat menjadi obat untuk menyembuhkan beberapa masalah kulit dan juga pencegahan demam.

Sedangkan dari segi kecantikan, minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembab. Itu sebabnya minyak kelapa sering digunakan sebagai bahan dasar kosmetik.

Ketimbang membeli kosmetik mahal, minyak kelapa yang ada di rumah bisa digunakan langsung sebagai perawatan kecantikan.

Seperti yang dilansir Times of India, berikut adalah manfaat minyak kelapa dan bagaimana mengaplikasikannya dalam setiap manfaat:

- Pelembab kulit kepala dan rambut
Minyak kelapa dikenal sebagai pelembab yang bagus. Untuk menikmati manfaat minyak kepala sebagai kondisioner kulit kepala dan rambut, oles beberapa tetes sebelum tidur.

Diamkan semalaman, sebelum rambut dibersihkan. Rambut akan terlihat lebih mudah diatur dan kulit kepala tidak kering yang dapat mencegah munculnya ketombe.

- Melegakan dada sesak
Campurkan dua sendok teh minyak kelapa dengan dua tetes minyak pepermint. Oles campuran ini di bagian dada yang sesak yang disebabkan karena demam.

- Cegah rambut pecah-pecah
Oleskan minyak kelapa mulai dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama lima menit dan bersihkan rambut.

- Melawan eksim
Minyak kelapa yang dicampur dengan calendula dapat berfungsi untuk meredakan peradangan kulit. Campuran ini akan melembutkan kulit. Minyak ini juga dapat digunakan untuk kulit yang memerah karena gatal-gatal.

- Menghilangkan pegal dan linu
Campur minyak kelapa dengan dua tetes minyak pepermint dan cabai rawit. Percaya atau tidak, campuran ini pada saat dioleskan pada bagian tubuh yang terasa pegal dan linu perlahan-lahan akan hilang.

- Minyak spa
Daripada menghabiskan uang mahal untuk spa, manjakan tubuh dengan menggunakan minyak kelapa. Tuang minyak kelapa dalam mangkuk hingga setengahnya dan campurkan beberapa tetes minyak lavender. Campuran ini sudah dapat digunakan sebagai minyak pijat untuk melemaskan otot-otot yang kaku.

- Pelembab bibir

Jika bibir pecah-pecah, minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pelembab alami. Colek minyak kelapa dengan jari kelingking dan oleskan ke bibir yang pecah-pecah. Scrub pengangkat sel mati tubuh saat mandi.

Campur setengah gelas minyak kelapa yang telah mencair dengan setengah gelas garam. Sebaiknya pink merah muda. Gunakan campuran ini sebagai scrub saat mandi. Gosok tubuh dengan campuran ini untuk mengangkat sel mati tubuh. Setelah bilas dengan air hangat.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha