Nahkoda Kapal dan ABK Jalani Tes Urin di Pelabuhan Domestik Karimun
Oleh : CR-16
Selasa | 20-06-2017 | 12:02 WIB
test-urin-nahkoda-dan-abk-01.gif
BNNK Karimun saat melakukan tes urin terhadap nahkoda kapal dan ABK di ruang VIP pelabuhan Domestik, Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karimun pada Selasa (20/6/2017) melakukan pemeriksaan atau tes urin terhadap sejumlah nahkoda kapal dan ABK di pelabuhan domestik, Karimun. Ini, salah satu kesiapan BNN dalam mengamankan mudik Idul Fitri 1438 hijriah.

Tes urin yang berlangsung di ruang VIP pelabuhan domestik itu dilakukan BNNK Karimun setelah berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Kepala BNNK Karimun, Kompol Ahmad Sholeh mengatakan, pihaknya berharap kepada nahkoda maupun ABK tidak menggunakan narkoba saat berlayar, karena dapat membahayakan penumpang.

Untuk saat ini baru 15 orang yang diperiksa dan baru ditemukan 1 orang yang postif menggunakam narkotika jenis sabu, yang merupakan KKM Batam Jet tujuan Dumai, Rai Milan (34).

"Kita (BNNK) berharap untuk semua nahkoda tidak ada yang menggunakan narkoba, karena efeknya sangat berpengaruh ketika berlayar," ujar Ahmad Sholeh, Selasa (20/6/2017).

Lanjut Ahmad, sementara kita membiarkan untuk berlayar, namun identitas KTP-nya sudah ditahan dan akan diproses setelah lebaran.

"Yang bersangkutan sementara wajib lapor ke BNNK, setelah habis lebaran baru diproses. Saat ini kita izinkan untuk tetap berlayar," ujarnya.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI