164 Personil Gabungan Diterjunkan Amankan Idul Fitri di Lingga
Oleh : Nurjali
Selasa | 20-06-2017 | 09:26 WIB
gelar-pasukan-01.gif
Kapolres Lingga, AKBP Ucok Lasdin Silalahi periksa kesiapan personil pengamanan Idul Fitri di Kabupaten Lingga pada apel gelar pasukan Operasi Ramadhaniyah 2017. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Sebanyak 164 personil gabungan, terdiri dari unsur Polri, TNI dan instansi lainnya diterjunkan untuk mengamankan hari raya Idul Fitri di Kabupaten Lingga. Operasi Ramadhaniyah 2017 ini berlangsung selama 16 hari.

Sebelum menjalankan Operasi Ramadhaniyah 2017, personil gabungan ini terlebih dahulu mengikuti upacara gelar pasukan yang dipimpin langsung Kapolres Lingga, AKBP Ucok Lasdin Silalahi pada Senin (19/6/2017) di halaman Mapolres Lingga, Jalan Batu Kacang, Kecamatan Singkep.

Dalam sambutannnya, Kapolres Lingga menyampaikan amanat Kapolri, di mana pengamanan hari raya Idul Fitri 1438 H sebagai wadah konsolidasi pengecekan personil serta kelengkapan sarpras sebelum bertugas.

"Lakukan langkah deteksi dini terhadap kerawanan yang ada dengan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibnas dan intelijen di lapangan. Terus tingkatkan patroli di titik-titik rawan gangguan kamtibnas," katanya.

Adapun lokasi-lokasi rawan yang diantisipasi dalam Operasi Ramadhaniya ini antara lain, terminal, pelabuhan, pemukiman yang ditinggal oleh pemilik, pusat perbelanjaan, Bank dan ATM, serta lokasi-lokasi wisata yang akan akan di kunjungi warga saat lebaran.

Dalam sambutan tersebut juga disampaikan tingkat laka lantas di tahun 2016 yang mengalami penurunan 72 kasus atau setara 2,36 persen. "Korban meninggal dunia juga turun sebanyak 88 jiwa dianding tahun 2015 yaitu sebesar 13,62 persen," ujarnya.

"Yang mengalami kenaikan data gangguan Kambtibnas sebanya 233 kasus atau 13,89 persen, demikian juga dengan data kejahatan umum yang mengalami kenaikan 10,89 persen atau 164 kasus," imbuhnya.

Demi mendukung kegiatan Ramadhan, Kapolres Lingga juga melakukan berbagai kegiatan, seperti subuh keliling, gotong royong, bakti sosial, pengecatan Masjid dan panti jompo, safari Ramadhan, pembagian takjil kepada nelayan, buka bersama dan mengirim delegasi sebagai peserta lomba baca Al-quran.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI