Diskoperindag Bintan Gelar Pasar Murah
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 19-06-2017 | 19:38 WIB
Operasi-Pasar-Diskopdag-Bintan.gif
Diskoperindag saat menggelar pasar murah di Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bintan kembali menggelar operasi pasar murah spesial, sepekan jelang Hari Raya Idul Fitri di Kampung Jawa, Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur (Bintim).

Kepala Diskoperindag Bintan, Dian Nusa mengatakan, ada 4.100 paket kebutuhan pokok yang disiapkan dalam menunjang operasi pasar murah. Paket berisi gula kemasan isi 4 kg, minyak goreng isi 4 liter, tepung terigu isi 2 Kg dan sirup isi 3 botol dengan harga super murah. Paket tersebut sudah didistrubusikan di beberapa kecamatan.

"Untuk hari ini, kita gelar di Kampung Jawa, dengan jumlah distribusi 150 paket," beber Dian saat dikomfirmasi BATAMTODAY.COM, Senin (19/6/2017).

Selama operasi, petugas Diskoperindag Bintan bekerja ekstra di lapangan, memastikan paket itu sampai kepada penerima manfaat, dalam hal ini warga yang sangat membutuhkan. Begitu barang masuk, petugas langsung tancap gas ke kecematan-kecamatan yang ada, dengan menggunakan kendaraan truk lori.

"Sejauh ini, paket operasi pasar murah Diskoperindag telah didistribusikan di Kecamatan Toapaya, Teluk Sebong, Seri Kuala Lobam, Kecamatan Bintim serta termasuk di kecamatan terjauh dan terpisah daratan dari pusat pemerintahan, yakni Kecamatan Tambelan," papar Dian.

Khusus di Tambelan, Diskoperindag bekerja sama dengan koperasi yang ada di sana untuk menyalurkan paket operasi murah. Masyarakat Tambelan diberi kemudahan membeli paketnya di outlet yang ditunjuk dengan harga sesuai operasi pasar murah yang ditetapkan.

"Ada subsidi kita berikan, dengan demikian masyarakat di sana dapat membeli paket barang sama dengan harga yang ada di kecamatan lain," kata Dian.

Diketahui, total besaran subsidi yang diberikan per paket untuk 4 item barang dalam operasi pasar murah senilai Rp43 ribu. Dengan subsidi itu, masyarakat dapat membeli gula, minyak goreng, tepung terigu dan sirup dengan harga rendah dari harga pasar.

Gula kemasan isi 4 Kg misalnya, dibanderol Rp9.000, minyak goreng isi 4 liter dibanderol dengan harga Rp9.250 dan tepung terigu isi 2 Kg dibanderol dengan harga Rp9.500.

"Kami berharap, operasi pasar murah mampu mempermudah dan meringankan masyarakat memenuhi kebutuhan jelang Idul Fitri. Operasi juga diharapkan mampu menjaga stabilitas kebutuhan pokok yang beredar di masyarakat," harap Dian.

Editor: Udin


BNN-KEPRI