Kala Warga Pesisir di Bintan Berburu Baju Lebaran
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 19-06-2017 | 14:02 WIB
warga-pesisir-bintan1.gif
Masyarakat dari Pulau Sirai saat hendak pulang menggunakan pompong. (Foto; Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Idul Fitri merupakan hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa menahan haus dan lapar.

Jelang hari raya Idul Fitri, masyarakat yang tinggal di pesisir Bintan sudah mulai berdatangan ke pasar di Kijang Kecamatan Bintan Timur (Bintim) untuk berbelanja persiapan hari kemanangan itu.

Seperti halnya Melan (42) Warga Pulau Sirai, Kecamatan Mantang kepada BATAMTODAY.COM mengatakan, seminggu jelang hari raya, ia dan warga lainnya biasa berbelanja di Kijang, Kecamatan Bintim. Karena di tempat tinggalnya sangat terbatas untuk kebutuhan makanan maupun pakaian.

"Kalau ini sudah biasa, dua minggu jelang lebaran kami sudah mulai cari bahan-bahan untuk buat kue lebaran di Kijang," beber Melan saat ditemui di Pelantar Kampung Kolam Kijang, Senin (19/6/2017).

Menurut wanita yang sudah tinggal selama 20 tahun di pulau itu, sangat sulit mendapatkan bahan-bahan untuk membuat kue di Pulau Sirai, sehingga masyarakat harus menyebang ke pasar yang ada di Kecamatan Bintim.

"Kalau jarak sih tidak begitu jauh, kami kalau naik pompong hanya memakan waktu 45 menit," kata Melan.

Sementara warga lainnya, Ulan mengatakan dirinya menyeberang ke Kijang untuk membeli pakain lebaran, karena di Pulau Sirai tidak ada toko baju. "Biasa lah, kan mau lebaran, jadi mau beli baju baru di Kijang," ujar Ulan.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI