Lokalisasi Sintai Sepi, Separuh Penghunih Mudik Lebaran
Oleh : Yosri Nofriadi
Senin | 19-06-2017 | 12:02 WIB
sepi-011.gif
Lokalisasi Sintai di Tanjungucang, Kecamatan Batuaji sepi lantaran separuh penghuni mudik lebaran. (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Layaknya warga umum lainnya penghuni lokalisasi Teluk Pandan, atau yang dikenal dengan Sintai di Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji juga mudik Lebaran tahun ini. Suasana di pusat rehabilitasi sosial non panti itu diprediksi akan sepih saat perayaan Idul Fitri nanti.

Ketua pengurus pusat rehabilitasi sosial lokalisasi Teluk Pandan, Ace Jamaluddin menuturkan, sejak awal puasa lalu sudah banyak wanita pekerja yang ada di lokalisasi tersebut mengajukan diri untuk mudik. Dari total 224 pekerja sekitar 70 persen yang dipastikan akan mudik.

"Mereka juga ingin merayakan Idul Fitri dengan keluarga di Kampung. Sebagian sudah mulai mudik," ujar Ace, Senin (19/6/2017).

Pekerja yang ada di sana tersebar dari berbagai wilayah namun sebagian besar memang berasal dari pulau jawa.

"Banyak yang dari jawa, jadi pemudik banyak ke daerah Jawa," ujarnya lagi.

Pihak pengelolah kawasan tersebut juga belum bisa pastikan kapan pekerja akan balik ke Batam. "Itu tergantung dari mereka. Kalau mau balik lagi ya tak apa-apa," ujarnya lagi.

Selain mudik, selama bulan Ramadhan ini, pekerja di sana juga rutin melaksanakan ibadah puasa. Sesuai dengan arahan peraturan Wali Kota Batam kawasan lokalisasi tersebut juga melakukan penutupan selama sembilan hari yakni tiga hari diawal puasa, tiga hari di pertengahan dan tiga hari diakhir puasa.

"Selama puasa kami juga membatasi jam kerja. Aktivitas baru dimulai setelah Tarawih dan tutup lebih cepat untuk memberikan mereka waktu persiapan sahur," ujarnya Ace.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI