Kapolda dan Gubernur Kepri Tinjau Pelabuhan Sekupang
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 19-06-2017 | 11:52 WIB
sekupang-011.gif
Gubernur Kepri Nurdin Basirun berbincang dengan calon penumpang di pelabuhan domestik Sekupang, didampingi Kapolda Irjen Pol Sam Budigusdian dan Kapolresta Barelang, AKBP Hengki. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelabuhan domestik dan dan dermaga pancung antar pulau di Sekupang, Senin (19/6/2017), didatangi Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Kapolda Irjen Pol Sam Budigusdian.

Bersama jajarannya, Kapolda dan Gubernur memantau posko pelayanan dan pengamanan mudik Lebaran Idul Fitri 1438 H/2017. Selain memantau posko, Gubernur dan Kapolda juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan para calon penumpang di pelabuhan domestik.

Kapolda Sam Budigusdian bahkan menyempatkan diri melihat langsung proses tes urin para nahkoda kapal. "Hasilnya cukup bagus dan memuaskan," kata Sam.

"Ada beberapa yang saya lihat, di antaranya nakoda tujuan Tanjungbatu dan Moro dalam tes Urin. Hasilnya sangat memuaskan sampai saat ini semua negatif mengkomsumsi narkoba. Pengecekan ini salah satu pencegahan dalam kecelakaan laka laut di mudik lebaran," jelasnya lagi.

Sebelumnya, Usai menggelar apel pasukan "Operasi Ramadhaniyah 2017", Kapolda dan Gubernur Kepri beserta unsur Muspida langsung melakukan peninjauan ke posko-posko pengamanan dan pelayanan yang didirikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Selain itu, juga sekaligus untuk mengecek situasi di pintu kedatangan ke luar masuk Batam, baik di pelabuhan maupun di bandara.

"Hari ini kita langsung mengecek kesiapan posko pengamanan, dan situasi di pelabuhan serta bandara. Ini bertujuan untuk melihat kesiapan dari petugas menghadapi lonjakan penumpang yang akan mudik lebaran," ungkap Kapolda Kepri, Irjen Pol Sam Budigusdian, Senin (19/6/2017).

Dalam pengecekan itu, juga dilakukan tes urine terhadap nahkoda dan ABK kapal yang akan membawa penumpang. Begitu juga untuk kru maskapai pesawat dilakukan tes urin.

"Tujuannya, untuk memastikan para ABK maupun kru pesawat yang tidak menggunakan narkotika. Sebab, hal ini dapan membahayakan keselamatan penumpang," paparnya.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI